Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tidak Pakai Masker, Warga Tambelan Terjaring Razia Yustisi

Kapolsek Tambelan-Bintan Ipda Missyamsu Alson saat menyerahkan Masker pada masyarakat.

 

 

 

PRESMEDIA.ID,Bintan-Sebanyak 20 warga Tambelan terjaring razia yustisi karena melanggar protokol kesehatan (Prokes) tidak menggunakan Masker. Razia digelar Polsek Tambelan bersama pihak kecamatan dalam rangka pencegahan penyebaran covid-19 di wilayah perbatasan.

Kapolsek Tambelan, Ipda Missyamsu Alson mengatakan, ada dua titik yang menjadi target sasaran dalam razia yustisi yang dilakukan yaitu, tempat perkumpulan atau tongkrongan remaja-remaja di Jalan Raya Desa Kampung Hilir dan seluruh masjid dan surau yang berada di Kecamatan Tambelan.

“Operasi kita gelar, Sabtu (17/10/2020). Itu dilakukan untuk pendisiplinan porkes sekaligus mensosialisasikan Perbup Bintan Nomor 52 Tahun 2020,” ujar Missyamsu Alson.

Dalam razia ini terjaring 20 orang yang tidak mematuhi pokes di dua titik sasaran tersebut. Namun mereka tidak dikenakan sanksi apapun karena masih bersifat teguran baik secara lisan maupun lainnya.

Dalam teguran lisan itu pihaknya juga berikan himbauan. Diantaranya himbauan terkait langkah dan antisipasi, pencegahan dan waspada terhadap penyebaran covid-19 di pusat keramaian dengan selalu menerapkan 4M yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan.

Kemudian juga diberikan edukasi terkait adaptasi kebiasaan baru untuk wajib menerapkan protokol kesehatan serta memberitahu terkait Perbup Bintan Nomor 52 Tahun 2020 yang mengatur tentang upaya-upaya serta tindakan hukum baik tindakan disiplin, administrasi maupun sanksi denda guna pemcegahan penyebaran covid-19 diwilayah Kabupaten Bintan.

“Kita memberikan edukasi kepada masyarakat dalam rangka antisipasi pencegahan penyebaran covid-19 dan  program pemerintah terkait adaptasi kebiasaan baru. Lalu langkah preventif Polri dalam mewujudkan harkamtibmas yang aman dan kondusif,” jelasnya.

Pihaknya tidak hanya sekedar memberikan teguran dan himbauan saja. Tetapi, kata Alson, juga membagikan masker kepada pengguna jalan raya yang masih ditemukan tidak memakai masker. 

Kemudian juga memberikan masker merah putih kepada ketua Panitia Hari Besar Islam (PHBI) Kecamatan Tambelan sebanyak 120 pcs. Diharapkan masker tersebut dapat dipergunakan oleh seluruh pengurus rumah ibadah yang ada di pulau terluar di Kabupaten Bintan ini.

“Semuanya berjalan aman dan kondusif disini,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...