Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pasien Covid-19 Bintan Asal Kijang Meninggal Dunia

Kepala dinas Kesehatan Bintan dr.Gamma AF Isnaeni (Dokumentasi Presedia.id Sebelum COVID-19) 

PRESMEDIA.ID,Bintan- Satu orang pasien terkonfirmasi positif covid-19 di Bintan inisial Es, meninggal dunia di RSUD Bintan Sabtu (17/10/2020) dan dimakamkan di TPU Batu 25 Kijang Kota.

Almarhum Es (60) merupakan pasien ke 197 kabupaten Bintan yang tinggal di Jalan Sahabat Kampung Budi Mulya Kelurahan Kijang Kota Kecamatan Bintan Timur (Bintim).

Kepala dinas kesehatan Bintan dr Gama AF Isnaeni mengatakan, yang bersangkutan meninggal saat dalam perawatan di RSUD Bintan dan sebelum peninggal juga sempat dirawat dengan keluahan, mengalami sakit gejala batuk, pilek, sakit tenggorokan, sakit kepala, lemah, nyeri otot dan diare pada Jumat (9/10/2020) lalu.

Selanjutnya, pasien menjalani perawatan di RSUD Bintan dan pengambilann swab tenggorokan dan hidung unuk dikirim ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam guna dilakukan pengecekan Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Hasil PCR tahap pertama keluar Kamis (15/10/2020) dengan hasilnya positif covid-19,”ujar Gamma Senin (19/10/2020).

Mendapati bersangkutan positif covid-19 pihak medis lalu melakukan isolasi terhadap pasien kasus ke 197 ini. Lalu kembali mengambil sampel swabnya untuk diujui PCR tahap kedua dan ketiga.

Untuk PCR tahap kedua, kata Gama, hasilnya negatif covid-19. Namun hasil PCR tahap ketiga kembali lagi dinyatakan positif. Beberapa hari mendapatkan penanganan medis di rumah sakit, yang bersangkutan kemudian meninggal dunia dan dimakamkan secara SOP protokol kesehatan penanganan covid-19.

Hingga saat ini jumlah pasien covid-19 yang meninggal dunia di Kabupaten Bintan sudah 4 orang. Diantaranya dari Bintan Timur sebanyak 2 orang dan Bintan Utara juga 2 orang.

Sedangkan jumlah keseluruhan yang terkonfirmasi positif covid-19 tembus 197 orang. Dari total itu, 186 orang dinyatakan sembuh sehingga pasien yang masih berstatus positif covid-19 tinggal 7 orang.

“Kita himbau kepada warga di Kabupaten Bintan untuk selalu mematuhi protokol kesehatan dan lakukan 4 M. Yaitu memakai masker, mencuci tangan dengan hand sanitizer atau sabun, menjaga jarak dan menghindari kerumunan,” ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...