Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
KPU Karimun

Kanwil BC Karimun Amankan Kapal HSC Bawa Mikol Impor Tanpa Dokumen

Barang Bukti Kapal HSC yang berhasil diamankan Kanwil Khusus BC Karimun.

PRESMEDIA.ID, Karimun- Kanwil Bea dan Cukai Khusus Kepulauan Riau menangkap kapal High Speed Craft (HSC) tanpa nama, di perairan Pulau Tikus, Lingga Provinsi Kepri, Selasa (22/10/2020).

Direktur Kepabeanan Internasional dan Antar Lembaga Direktorat Jendral Bea Cukai, Syarif Hidayat mengatakan, dari data penyelidikan yang dilakukan, kapal tanpa nama itu berlayar dari Tanjung Sengkuang, Batam Kepulauan Riau menuju Tembilahan Riau dengan menggunakan 6 mesin berkapasitas 250 PK.

Saat mengamankan kapal tanpa nama itu, kata Syarif petugas menggunakan tiga kapal patroli milik Bea Cukai. Setelah kapal berhasil diamankan, tim patroli melakukan pengecekan dokumen kapal dan muatan kapal.

“Kita cek dokumen kapal ternyata tidak ada, dan kita lihat kapal memuat minuman keras impor tanpa dokumen kepabeanan dan memasuki wilayah Indonesia tanpa izin,”katanya Kamis (22/10/2020).

Syarif menyebut, penangkapan kapal tanpa nama itu berawal dari informasi yang diperoleh dari masyarakat.

“Setelah informasi diterima pada Selasa (20/10), satuan tugas patroli laut Bea Cukai yang menggunakan kapal BC 1288 melakukan ronda laut di sekitar perairan Pulau Nyamuk, Lingga, dan kemungkinan jalur yang dilewati kapal yang menjadi target operasi,” jelas Syarif.

Hanya berselang satu jam, petugas menemukan tiga buah speedboat tanpa lampu melintasi Pulau Nyamuk menuju arah Pulau Buaya. Petugas kemudian melakukan
pengejaran tersebut hingga melepaskan tembakan peringatan untuk menghentikan laju speedboat yang hendak melarikan diri.

“Ada delapan orang yang diamankan, namun ada dua orang berinisial S dan H melarikan. Tapi keduanya sedang dicari, karena mereka kabur ke perairan Mantang,”ungkapnya.

Saat ini lanjutnya, untunk jumlah barang bukti yang diamankan, pihak Bea Cukai masih melakukan perhitungan. Saat ini pihak Bea Cukai masih melakukan pendalaman, kepada siapa barang seludupan itu akan dikirimkan.

Penulis:Puteri/redaksi

Comments
Loading...