Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Produk Pertanian dan Kelautan UMKM Bintan Masuk Market Tokopedia

Kepala DPMD Bintan, Ronny Kartika.

PRESMEDIA.ID,Bintan- Produk Pertanian dan Kelautan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) kabupaten Bintan masuk market pemasaran Tokopedia.

Sejumlah produk penganan dan hasil kerajinan dan bahan olahan hasil laut dan pertanian UMKM Bintan itu, saat ini dipasarkan melalui e-commerce online Tokopedia.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Ronny Kartika mengatakan pemasaran produk UMKM Bintan di Tokopedia itu, merupakan mitra kerja dalam pemasaran produk-produk pelaku usaha UMKM yang ada di Kabupaten Bintan secara online.

Hal ini lanjutnya, untuk menjawab tantangan dan kendala yang dihadapi pelaku UMKM atas sulit dan belum terpasarkanya sejumlah produk yang dihasilkan secara maksimal ke seluruh pelosok negeri.

Kabupaten Bintan lanjut Ronny, memiliki banyak produk unggulan, baik dari hasil pertanian, kelautan maupun UMKM. Dengan situasi pandemi Covid-19 ini, untuk penjualan secara tatap muka tentu sangat sulit dilakukan. Oleh karena itu, perlu disiasati dengan penjualan melalui sistem online.

“Maka dengan dasar ini kita bermitra dengan Tokopedia Batam untuk mempromosikan hasil produk UMKM Bintan tersebut,”ujar Ronny.

Sebelum memasarkan produk, DPMD Bintan juga terlebih dahulu bekerjasama dengan Dinas Koperasi UMKM dan Perindustrian dan Perdagangan (DKUPP) Bintan untuk mendata kelompok-kelompok UMKM yang berada dibawah BUMDes.

Selanjutnya, produk dari usaha yang digeluti pelaku UMKM inilah yang selanjutnya didaftarkan sebagai produk unggulan di Tokopedia.  Untuk melakukan pemasaran, setiap pemiliki pelaku usaha yang ingin dipromosikan usahanya di Tokopedua juga harus memenuhi syarat kelayakan.

“Harapan kami mudah-mudahan hal ini akan membantu perekenomian warga di kampung-kampung maupun desa,”katanya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...