Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Siap-Siap Sebanyak 1.471.877 Warga Kepri Akan Diimunisasi Vaksin COVID-19

Kepala dinas Kesehatan Provinsi Kepri M.Bisri.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Pemerintah Pusat melalui Kementerian Kesehatan RI, akan melakukan imunisasi vaksin COVID-19 pada sejumlah kelompok masyarakat di Indonesia termasuk di Provinsi Kepri.

Pemberitahuan rencana Pelaksanaan pemberian imunisasi vaksin Covid-19 itu, tertuang dalam surat Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI nomor:SR.02/06/II/0950/2020 kepada seluruh Kepala dinas Kesehatan Provinsi pada 19 Oktober 2020.

Dalam suratnya, Dirjen P2 kementeriaan Kesehatan dr.Achmad Yurianto mengatakan, selain melaksanakan protokoler kesehatan yang ketat, Pemerintah akan melakukan imuniasiasi Covid-19 dalam meningkatkan imunitas masyarakat.

Hal itu kata Dirjen, mengacu pada Peraturan presiden nomor 99 tahun 2020 tentang pengadaan vaksin, dan pelaksanan vaksinasi dalam rangka penanggulangan Covid-19.

“Bersama dengan ini, kami beritahukan rencana pelaksanaan pemberian imunisasi Covid-19 secara bertahap mulai November 2020,”ujarnya.

Imunisasi Covid-19 lanjut Dirjen, akan diberikan pada kelompok renta mulai usia 18-59 tahun diantaranya, Tenaga Kesehatan dan Tenaga penunjang fasilitas kesehatan, Petugas pelayanan Publik seperti TNI, Polri, Petugas Bandara, Petugas Stasiun Kereta Api, Petugas Pelabuhan demikian juga Petugas Padam Kebakaran, PLN dan PDAM yang bertugas di lapangan.

Selain itu, imunisasi vaksin COVID-19 ini juga akan diberikan kepada kelompok risiko tinggi lainnya, seperti kelompok pekerja dengan usia produktif dan berkontribusi pada sektor perekonomian dan pendidikan serta penduduk yang tinggal di tempat berisiko dan rawan penadmei COVID-19.

Adapun sasaran vaksin corona pada tenaga kesehatan dan petugas pendukung lainya yang bekerja di Fasilitas Yankes, Jumlah yang akan di vaksin di Kepri sebanyak 143,747 orang, TNI sebnyak 97 orang dan Polri sebanyak 98 orang.

Pekerja masyarakat sipil yang menjadi anggota BPJS PBI sebanyak 741.200 orang. Petugas pelayanan Publik seperti Satpol-PP sebanyak 2.149 orang, TNI sebanyak 4.645 orang, Polri 5.189 orang dan lainya sebnyak 111.057 orang.

Untuk masyarakat dan pelaku ekonomi lainya sebanyak 463.694 orang dengan total jumlah jatah vaksin imunisiasi Kepri sebanyak 1.471.877 orang.

Kepala dinas Kesehtan Provinsi Kepri Muhammad Bisri membenarkan surat pemberitahuan Dirjen Pencegahan dan pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan RI itu.

Bisri mengatakan, untuk Provinsi Kepri kuota imunisasi vaksin COVID-19 tahap pertama tersedia sebanyak 1.471.877 orang, atau sekitar 67 persen dari total jumlah penduduk Provinsi Kepri.

Namun demikian lanjutnya, ada priorotas sesuai dengan kebijakan karena memang vaksinya belum seluruhnya tersedia dan mencukupi.

“Memang ada prioritas, sesuai dengan yang ditetapakan Pemerintah Pusat, untuk kalangan Pelayan kesehatan, Petugas Pelayanan umum, dan Masyarakat sipil lainya,”ujarnya Jumat (23/10/2020).

Soal pengajuan, tanggal dan tempat pelaksanaan, Bisri mengaku belum mengetahui secara pasti mekanismenya, karena masih meninggu tindak lanjut koordinasi dari pemerintah pusat melalui Kementeriaan Kesehatan.

“Tapi diluar itu, Pemerintah provinsi Kepri nantinya, juga akan mengutamakan Pasien dan warga yang dinyatakan Positif COVID-19 serta sejumlah warga yang terindikasi kontak erat dengan pasien Positif Covid-19 di Kepri,”pungkasnya.

Penulis:Redaksi

Comments
Loading...