Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
KPU Karimun

Ratusan Akun FB Bodong Diduga Sebar Ujaran Kebencian di Karimun

Kasat Reskrim Polres Karimun AKP.Herie Pramono.

PRESMEDIA.ID,Karimun- Ratusan akun media sosial Facabook (FB) di Karimun, diduga menyebarkan ujaran kebencian dan permusuhan menjelang Pilkada 2020.

Kapolres Karimun AKBP Muhammad Adenan, melalui Kasat Reskrim Polres Karimun, AKP Herie Pramono mengatakan, dari pantauan Tim Cyber Troops Polres Karimun, sejak pelaksanaan Pilkada, puluhan dan hampir ratusan akun FB tersebut melakukan ujaran kebencian.

“Sayangnya dari rata-rata akun FB yang melakukan ujaran kebencian itu bukan akun asli, tapi akun-akun bodong,”ujar Herie Pramono Senin (26/10/2020).

Dari Pemantauan dan pengawaaan Tim Cyber Troops Polres Karimun lanjut Herie, ratusan akun bodong yang menyebarkan ujaran kebencian juga sudah dilaporkan ke Polda Kepulauan Riau, hingga dapat ditindak lanjuti oleh Tim Cyber Mabes Polri untuk segera ditake down.

Herie juga mengakui, pihaknya sulit untuk melakukan penangkapan pada terduga pelaku jika tidak ada masyarakat yang melapor, dan upaya penindakan baru bisa dilakukan atas dasar adanya Laporan ke Polisi.

“Dasar proses hukumnya harus ada laporan, jadi kita selaku pihak kepolisian kalau tidak ada yang melapor, ya hanya memperingatkan dan mengawasi serta memberi himbauan saja. Tapi kalau ada laporan, langsung kita ciduk,”jelas Herie.

Saat ini lanjutnya, sejumlah akun-akun yang menyebar ujaran kebencian itu, juga dilakukan pengawasan dan pelaporan ke Mabes Polri hingga bisa di take Down atau di blokir.

“Dari sejumlah akun-akun penyebar ujaran kebencian itu, ada yang sudah kami laporkan ke Polda, dan sebelum melaporkan, kami juga mengingatkan dan memberi himbauan, dengan mengirim pesan pribadi melalui massager,”ujarnya.

Kepada pemilik Akun diminta agar tidak menyebarkan ujaran kebencian, karena hal tersebut melelanggar Undang-Undang dan dapat dipindana.

“Yang terjadi itu, penyebar berita Hoax, pelanggaran Undang-Undang ITE dan ujaran kebencian. Jadi saya himbau bagi pengguna media sosial, untuk dapat lebih bijak lagi dalam menggunakan Medsos,”tegas Herie.

Penulis:Puteri/Redaksi

Comments
Loading...