Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Debat Kandidat Calon Bupati Karimun Tidak Dapat Disaksikan Secara Langsung

Debat Kandidat Dua Calon Bupati Karimun berlangsung tertutup dan pembatasan peserta di Ballroom lantai 7 Hotel Aston Karimun digelar pada Minggu (25/10/2020) malam.

PRESMEDIA.ID, Karimun- Debat kandidat calon Bupati Karimun yang digelar KPU pada dua kandidat calon bupati dan wakil Bupati Karimun berlangsung secara tertutup dan tidak dapat disaksikan langsung warga di ruang Ballroom lantai 7 Hotel Aston Karimun digelar pada Minggu (25/10/2020) malam.

Situasi debat dua pasang Calon Bupati, Nomor Urut 01 Aunur Rafiq-Anwar Hasyim (ARAH) dan nomor urut 02 Iskandarsyah-Anwar Abubakar (Bersinar) yang berlangsung didalam ruangan hotel, hanya dapat dilihat dan ditonton masyarakat dan para pendukung secara live di media sosial dan hanya bisa ditonton di rumah.

Ketua KPU Karimun Eko Purwandoko beralasan, hal itu dikarenakam masih dalam keadaan Pandemi covid-19, sehingga panitia harus membatasi penonton debat.

Eko Purwandoko juga mengatakan, pada Debat pertama pasangan calon menyampaikan Visi dan Misinya sebagai calon Bupati,serta menjawab pertanyaan
yang diberikan oleh Panelis, dan para pasangan kandidat juga bisa memberikan pertanyaan kepada kandidat lawan.

“Debat pertama sudah kita laksanakan, yang kedua akan kita laksanakan pada 8 November mendatang. Diharapkan para kandidat dapat mempersiapkan diri lagi,” ujarnya.

Pada debat pertama kali ini, masing-masing peserta debat menyampaikan visi dan misi setiap masing-masing pasangan calon,

Pasangan nomor urut 01, yaitu Aunur Rafiq-Anwar Hasyim (ARAH) pada debat pertama meyampaikan visi “Terwujudnya Kabupaten Karimun Sebagai Pusat Pertumbuhan Ekonomi Berkeadilan Berlandaskan Iman Dan Takwa”.

“Dimana visi tersebut disampaikan agar pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan itu artinya, kita membangun sesuai letak geografis dan karakteristik masyarakat,” ucap Rafiq yang ditemui usai pelaksanaan debat.

Rafiq yang diketahui merupakan Calon Bupati Nomor Urut 01 itu juga menyampaikan lima misinya, yang dianggap bakal memajukan Bumi Berazam. Diantaranya :

1. Meningkatkan perekonomian daerah yang mandiri berbasis sumber daya dan kearifan lokal atau berkeadilan dalam bidang ekonomi.

2. Melanjutkan pembangunan infrastruktur yang berkeadilan dalam rangka mempercepat pertumbuhan ekonomi wilayah atau berkeadlian dalam infrastruktur.

3. Mengembangkan Sumber Daya Manusia yang kuat kompetitif dan berbudaya berlandaskan iman dan takwa atau berkeadilan dalam pembangunan Sumber Daya Manusia.

4. Meningkatkan fungsi dan kelestarian lingkungan hidup atau berkeadilan dalam melestarikan lingkungan hidup.

5. Mewujudkan birokrasi yang professional dan unggul atau berkeadilan dalam pelayanan publik

“Pemaparan visi misi alhamdulillah bisa kami sampaikan dengan jelas, memang waktunya agak singkat karena kita dibatasi dengan durasi, tapi semua bisa kami ikuti dengan baik. Bahkan terukur dan terarah dari segala aspek yang ditanyakan,” ucap Rafiq.

Sementara itu, kandidat pasangan urut 2 yaitu Iskandarsyah-Anwar Abubakar yang memiliki jargon “Bersinar” juga menyampaikan Visi dan Misinya pada debat putaran pertama itu.

“Kami memiliki visi Mewujudkan Kabupaten Karimun Yang Maju, Sejahtera, Berbudaya dan Unggun di Bidang Maritim,” kata Calon Bupati Karimun nomor urut 2, Iskandarsyah.

Kandidat pasangan nomor urut 2 itu juga memiliki, Enam Misi yang jika terpilih nanti, maka akan dilaksanakannya. Diantaranya :

1.Meningkatkan kwalitas kehidupan yang beragama dan berbudaya, singga dapat mewujudkan keharmonisan dan ketentraman dalam bermasyarakat.
2. Mencipakan kondisi masyarakat yang aman, tentram dan dinamis.
3. Melestarikan situs-situs budaya dan kesenian lokal, guna meningkatkan kunjungan wisatawan.
4.Membuat tata kelola pemerintahan yang bersih, efektif, demokratif dan transparan.
5. Meningkatkan kwalitas sumber daya manusia melalui pendidikan, kesehatan dan olahraga.
6. Mendorong pemguatan kemandirian pertumbuhan ekonomi, yang berbasis sektor maritim, pertanian dan pekebunan serta pengolahan stategis daerah dan potensi sumber daya alam dengan memperhatikan dan menjaga lingkungan hidup.

Penulis:Puteri/Redaksi

Comments
Loading...