Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Waspada Ledakan COVID-19 Batam, Pemerintah Siapkan 3 Gedung Karantina

Pjs Gubernur Kepri saat melakukan peninjuaan Loaksi Karantina Psien COVID-19 di Batam.

PRESMEDIA.ID,Batam- Plt Gubernur Kepri Bahtiar Baharudin melakukan mengecek kersiapan 3 lokasi tempat dan gedung Karantina/Isolasi, Pasien positif COVID-19 di Batam.

Ke tiga tempat lokasi karantina itu adalah gedung Bapelkes Batam, Rusun BP Batam Tanjung Uncang dan Asrama Haji Batam Center, yang dipersiapkan pemerintah dalam mewaspadai meluasnya penyebaran virus Corona di Batam.

Bahtiar mengatakan, untuk mewaspadai merebaknya kluster industri di kota Batam, perlu dipersiapkan lokasi isolasi/karantina, hingga tidak menimbulkan dampak dan keluhan terhadap pelayanan pasien Covid-19.

“Pemerintah harus mengantisipasinya dengan menyiapkan lokasi isolasi yang kondusif, diantaranya Bapelkes di Sekupang, Rusun Tanjunguncang (Sudah berjalan) dan Asrama Haji Batam Center,” jelas Bahtiar saat melakukan koordinasi dan peninjauan tempat isolasi di Balai Pelatihan Kesehatan (Bapelkes) Senin (26/10/2020).

Selain menyiapkan tempat, Bahtiar juga menegaskan, Penerapan Protokol Kesehatan di tengah masyarakat juga menjadi salah satu Kunci dalam menekan angka positif COVID-19 di Kepri.

“Usaha untuk mendisiplinkan masyarakat harus ditingkatkan. Harus menjadi budaya dan kebiasaan masyarakat sehari-hari. Pengawasan penerapan Protokol Kesehatan harus dijalankan pihak berwenang untuk melakukan pemantauan terutama di lokasi-lokasi keramaian seperti rumah makan, kedai-kedai kopi, hotel-hotel dan lain sebagainya,”ujar Bahtiar.

Bahtiar juga mengatakan, Jika penekanan penyebaran COVID-19 melalui Protokoler Kesahatan tidak dilakukan, mau 1.000 rumah sakit atau tempat isolasi-pun dipersiapkan di Kepri, tidak akan cukup menangani pasien positif COVID-19,

Oleh karena itu, lanjut Bahtiar, Upaya penekanan dampak di Hulu melalui pencegahan dengan penerapan Protokoler Kesehatan sangat perlu dilakukan semua pihak, hingga angka positif COVID-19 di Tanjungpinang tidak bertambah.

Pada kesempatan itu, juga diperkirakan, Bapelkes di Marina Sekupang saat ini berkapasitas 150 orang atau sekitar 78 kamar. Satu kamar berisi dua orang. Saat ini belum ada pasien. Bapelkes juga menyediakan kamar untuk tenaga medis.

Di Rusun BP Batam di Tanjunguncang, tersedia 90 Kamar, tapi hanya 64 kamar yang layak dipakai. Satu kamar juga berisi dua orang. Saat ini sedang dirawat 128 orang pasien. Sementara di Asrama Haji di Batam Center ada kapasitas 300 orang dan belum ada pasien.

Penulis:Redaksi

Comments
Loading...