Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Bhayangkara 74

Berkas Perkara Markus Penipu Koruptor Tambang Dikembalikan Jaksa ke Polisi 

Tersangka Fr terduga Markus Penipu Tersangka Korupsi Junaedi, yang mengembalikan Dana Rp.500 Juta ke Polisi.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang mengembalikan (P-19) Berkas Perkara tersangka Fr, Markus penipu Koruptor IUP-OP tambang bauksit.

Kepala seksi pidana umum (Kasipidum) Kejari Tanjungpinang Wawan Rusmawan mengatakan, pengembalian Berkas Perkara tersangka makelar kasus (Markus), penipu Tersangka Korupsi Tambang yang mengatasnamakan Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri (Kejati) Kepri itu, dibarengi dengan Petunjuk Jaksa untuk dilengkapi penyidik.

“Berkasnya kami Kembalikan (P-19) dengan petunjuk Jaksa, untuk dilengkapi penyidik,”ujar Wawan, Kamis (29/10/2020).

Disinggung dengan substansi petunjuk Jaksa yang harus dilengkapi penyidik, Wawan mengatakan, intinya JPU meminta kepada penyidik untuk melengkapi beberapa penyidikan petunjuk jaksa. 

“Salah satunya mengenai substansi pertanyaan terkait bujuk rayu dan sejumlah materi lainya, untuk menguatkan Penuntutan namtihya di PN Tanjungpinang,”jelasnya. 

Ditempat berbeda,  Kasat Reskrim Polres Tanjungpinang, AKP Rio Reza Parindra membenarkan telah menerima P19 berkas perkara Tersangka Fr, makelar Kasus (Markus) yang diduga menipu tersangka Korupsi IUP-OP Tambang di Kejati Kepri iti. 

“Sudah kita terima, dan saat ini penyidik masih melengkapi petunjuk jaksa,”singkatnya. 

Sebelumnya, Polres Tanjungpinang menetapkan Fr sebagai Tersangka dugaan penipuan Tersangka Korupsi IUP-OP Tambang Bauksit Junaidi.

Dalam melakukan aksinya, Dengan mengatasnamakan Kepala Kejaksaan Tinggi Kepri, Tersangka Fr dan Budi (DPO dan belum ditangkap Polisi) berperan sebagai Makelar Kasus (Markus) yang mengaku bisa mengurus status Tersangka korupsi Korban di Kejati dengan imbalan dana Rp.1 Miliar.

Dana tersebut dikatakan Budi dan Fr akan diserahkan ke Kejaksaan untuk menghentikan kasus korupsi IUP-OP Tambang Bauksit Tersangka di Kejati Kepri.

Dari Rp.1 miliar yang diminta, Junaidivsebagai korban dan Tersangka Korupsi IUP-OP Tambang, baru menyetorkan Rp.500 juta yang dijanjikan pelaku untuk diberikan ke Kejaksaan Tinggi Kepri, guna menyelesaikan perkaranya.

Pelaku Fr  di tangkap di sebuah Cafe di Tiban kota Batam. Terduga Makelar Kasus (Markus) dan tersangka penipu, yang mengaku bisa mengatur Kejaksaan Tinggi Kepri, dalam menghentikan (SP3) status Tersangka Junaedi dalam dugaan korupsi IUP-OP Tambang, akhirnya mengembalikan dana Rp.500 juta hasil kejahatannya.

Atas perbuatannya tersangka Fr disangkakan melakukan penipuan dan dijerat dengan pasal 378 KUHP.

Penulis:Roland 

Comments
Loading...