Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Sebanya 11 TKA Cina Kembali Masuk ke PT.BAI Bintan

Sebanyak 150 TKA PT.BAI dari Cina sebelumnya juga tiba di Bandara RHF Tanjungpinang untuk berkerja di kawasan KEK Galang Batang-Bintan.

PRESMEDIA.ID,Bintan-Sebanyak 11 Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina, kembali didatangkan, dan masuk ke Kabupaten Bintan untuk bekerja di PT Bintan Alumina Indonesia (BAI) Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Galang Batang, Kecamatan Gunung Kijang, Kamis (29/10/2020).

Kepala Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Bintan, Indra Hidayat, membenarkan adanya penambahan 11 TKA yang masuk dan bekerja di KEK Galang Batang itu. Mereka terdiri dari 10 orang pria dan 1 orang wanita.

“Ke 11 TKA itu tiba di KEK Galang Batang jam 11.00 WIB. Dan mereka akan bekerja di PT BAI,”ujar Indra Kamis (29/10/2020).

Indra juga mengatakan, berdasarkan laporan yang diterima dan Pengawasan Tenaga Kerja (Wasnaker) Disnaker Kepri, Selama Oktober 2020 ini sudah 216 TKA yang masuk dan bekerja di PT BAI.
Para TKA itu bekerja di bidang pengukuran dan pemetaan, pekerja ahli pailing serta pekerja sondir dan pembangunan pelabuhan.

“Selama Oktober dan termasuk hari ini sudah 216 TKA yang masuk ke Bintan. Kemudian juga ada yang pulang ke negeri asalnya,” jelasnya.

Untuk TKA yang pulang atau pergi dari Bintan, lanjutnya dikembalikan langsung ke Cina dari September dan Oktober 2020 ini sebanyak 250 orang. Mereka pulang dikarenakan sudah selesai masa kontrak kerjanya atau proyeknya sudah selesai.

“Untuk memastikan hal ini lebih konkrit lagi boleh ditanyakan langsung ke Disnaker Provinsi Kepri. Karena kewenangan TKA secara aturan ada di provinsi sesuai dengan UU Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...