Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pjs Gubernur Prihatin, Kepri Belum Nikmati Hasil Lautnya Sendiri

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Kepulauan Riau, Bahtiar Baharuddin mengaku sangat prihatin, melihat pemerintah Provinsi Kepri yang belum maksimalkan penikata PAD dari sektor kelautan.

Padahal, secara geograris, 96 persen wilayah Kepri didominasi laut, sementara wilayah daratnya hanya 4 persen.

Menurutnya, dari laporan yang dia terima, kontribusi PAD yang paling besar di Kepri masih berasal dari sektor Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) sebesar 97 persen. Sementara dari sektor laut yang luas, malah tidak ada menyumbang PAD ke APBD.

“Lalu laut untuk siapa dan siapa yang menikmati,”katanya, Kamis (29/10/2020).

Meski memiliki wilayah laut yang sangat luas, Bahtiar mengutarakan, yang dikuasai saat ini hanya sekitar 24,9 persen. Itu pun sudah termasuk dengan zona militer dan kawasan strategis.

“Paling tersisa sekitar 18 persen saja laut yang dikuasai daerah. Akibatnya Provinsi ini tidak menikmati apa-apa,”katanya.

Selain itu, Dirjen Politik dan Pemerintah Umum Kemendagri ini juga menambahkan, kontribusi kawasan ekonomi khusus (KEK) maupun Free Trade Zone (FTZ) untuk APBD Kepri juga masih minim.

Padahal, investasi bernilai puluhan hingga ratusan triliunan rupiah berada di daerah sendiri. Sayangnya, keberadaan sejumlah investasi ini belum berdampak langsung terhadap kesejahteraan masyarakat.

Hal tersebut bisa dilihat dari banyak warga yang mengalami kesulitan, bahkan angka pengangguran juga meingkat hingga mencapai 60 ribu orang.

“Investasi memang bagus, tapi tidak berbanding lurus dengan pertumbuhan ekonomi rakyat. Itu yang terjadi hari ini,”kata Bahtiar.

Oleh karena itu, Bahtiar menyatakan, pada masa ia menjabat sebagai Pjs Gubernur sementara ini, akan berupaya menuntaskan sejumlah permasalahan ekonomi yang terjadi di Kepri. Karena, Kepri memiliki banyak peluang ekonomi Namun belum dikelola secara optimal.

“Selama 71 hari menjabat Pjs Gubernur Kepri. Saya upayakan menuntaskan persoalan ini di Kepri, orientasinya tentu demi kepentingan masyarakat umum,”imbuhnya.

Penulis:Ismail 

Comments
Loading...