Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pulang Dari Batam, Anak Diduga Tularkan Covid-19 ke Ibunya di Bintan

Foto alat uji cepat Rapid Test Covid-19.

PRESMEDIA.ID,Bintan- Pasien positif covid-19 kasus ke 207 dan 208 Kabupaten Bintan, ternyata adalah anak dan ibu. Kini keduanya telah menjalankan isolasi mandiri di rumahnya di Kampung Kolong Enam RT 001/ RW 002 Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur (Bintim).

Jubir Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bintan, dr Gama AF Isnaeni, mengatakan dari hasil penyelidikan epidemilogi terhadap kedua pasien, kasus ke 207 yang merupakan seorang wanita lansia terinfeksi virus corona karena berkontak erat atau tertular dari anaknya, seorang remaja pria yang merupakan pasien kasus ke 208.

“Pasien 207 ibu dari pasien 208 inisial NSm. Jadi anaknya yang tanpa sengaja menularkan virus corona tersebut kepada ibunya,”ujar Gama,Kamis (29/10/2020).

Nsm kata Gama, diduga kuat terinfeksi covid-19 dari klaster luar daerah. Sebab remaja berusia 26 tahun ini memiliki riwayat perjalanan dari Kota Batam pada 11 Oktober lalu.

Beberapa hari kemudian Nsm mengalami sakit dengan gejala sakit kepala dan lemah. Sementara ibunya tidak memiliki riwayat perjalanan dari manapun dan juga tidak berkontak erat dengan siapapun selain dengan anaknya. Akibatnya, Ns mengalami sakit dengan gejala batuk-batuk.

“Kemudian Ibu dan anaknya ini, memeriksakan kesehatanke Puskesmas Kijang. Saat itu tim medis juga mengambil swab tenggorokan dan hidung keduanya,”jelasnya.

Pengambilan swab tenggorokan dan hidung keduanya dilakukan sebanyak 2 kali. Yaitu pada 23 dan 24 Oktober. Lalu sampel swab tersebut dikirimkan ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam untuk dicek melalui Polymerase Chain Reaction (PCR).

Lalu pada 28 Oktober hasil PCR Covid-19 telah keluar. Ibu dan anaknya tersebut dinyatakan telah terkonfirmasi positif covid-19.

“Mereka melakukan isolasi secara mandiri di rumah. Kita juga melakukan tracing terhadap orang-orang yang berkontak erat dengan mereka,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...