Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pjs Gubernur Tetapkan UMP Kepri 2021 Tetap dan Tidak Naik

Ilustrasi Pekerja dan kenaikan Upah Minimum Provinsi. (Photo;Istimewa)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Upah Minimun Provinsi (UMP) Kepulauan Riau 2021 akhirnya ditetapkan sebesar Rp3.005.460,-. Penetapan UMP 2021 itu berdasarkan Surat Keputusan (SK) yang ditandatangani oleh Penjabat sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharudin, Kamis (29/10/2020) kemarin.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kepri, Mangara Simarmata, mengungkapkan berdasarkan SK penetapam tersebut maka besaran UMP 2021 tidak mengalami kenaikan atau masih sama dengan UMP 2020.

“Sudah diteken oleh Pjs Gubernur. Selain memperhatikan Surat Edaran (SE) Menteri Tenaga Kerja (Menaker), keputusan tersebut juga mengacu pada rekomendasi yang disampaikan oleh DPP (Dewan Pengupahan Provinsi) Kepri,” ujarnya, Jumat (30/10/2020).

Ia menjelaskan, disepakatinya besaran UMP 2021 sama dengan 2020 oleh masing-masing pihak yang tergabung dalam DPP Kepri adalah mengacu pada kondisi pertumbuhan ekonomi dan inflasi Provinsi Kepri yang minus.

Karena, jika merujuk pada Peraturan Pemerintah (PP) No 78 tahun 2015 tentang pengupahan, komponen yang mempengaruhi adalah pertumbuhan ekonomi daerah dan inflasi.

“Tentu dengan kondisi sekarang ini, jika pegangannya adalah PP maka terjadi penurunan sebesar Rp80 ribu. Maka dari itu, semua pihak bersepakat untuk tidak naik,”jelas Mangara.

Penulis:Ismail 

Comments
Loading...