Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Debat Cagub Kepri Dilaksanakan Tiga Putaran di Jakarta dan Daerah, Ini Jadwalnya

Komisioner KPU Kepri Agung Widiyono (Photo:Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Kepulauan Riau telah menetapkan jadwal pelaksanaan debat publik pasangan calon (Paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Pilkada Kepri 2020.

Pelaksanaan Debat, akan dilakukan selama 3 putaran, yakni tanggal 9, 20, dan 29 November 2020 di Jakarta dan daerah.

Komisioner KPU Kepri, Widiyono Agung, mengatakan putaran pertama debat publik Paslon Pilkada Kepi itu, akan digelar pada 9 November 2020 dan akan disiarkan secara langsung dari salah satu Stasiun Televisi Nasional di Jakarta.

Sedangkan untuk debat Calon ke-2 dan ke 3 akan dilaksanakan di Kepri dengan menggandeng Televisi Nasional dan Daerah.

“Putaran pertama debat akan dilaksanakan di Jakarta, dan disiarkan langsung melalui salah satu televisi nasional,”ujar Agung tanpa menyebut Stasiun TV yang akan menyiarkanya, Jumat (30/10/2020).

Alasan KPU melaksanaan Debat pertama tiga calon di Jakarta melalui televisi Nasional, kata Agung, Karena KPU menginginkan adu gagasan dan visi-misi antar Paslon diketahui masyarakat Kepri secara luas melalui siaran TV Nasional itu.

“Kenapa menggunakan TV Nasional, agar masyarakat Kepri di seluruh pelosok dapat mengakses dan menyaksikan secara langsung pelaksanaan debat tersebut,”ujarnya.

Untuk tema debat nanti, lanjutnya, sesuai dengan Keputusan KPU nomor 465/PL.02.4-Kpt/06/KPU./IX/2020, yakni akan mencakup persoalan kesejahteraan, pembangunan daerah, menyelesaikan persoalan daerah, sampai memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

“Dari masukan Mendagri, juga akan ditambah tema debatnya, mengani Inovasi Calon Kepala daerah dalam mengatasi Pandemi COVID dan Perbaikan Ekonomis,”ujarnya.

Selain itu, KPU Kepri turut menggandeng 9 panelis dari berbagai latar belakang untuk menguji kapasitas masing-masing paslon.

“Sudah kami plenokan, Panelis terdiri dari latar belakang akademisi dan tokoh masyarakat,”imbuhnya.

Ketika visi misi pada Debat disampaikan nanti, Kata Agung, maka Paslon akan menampilkan ekspresi masing-masing. Disitulah masyarakat pemilih akan menilai pilihanya masing-masing.

Penulis:Ismail 

Comments
Loading...