Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Jumlah PHK Meningkat, BP-Jamsostek Bayar Klaim JHT Rp56,19 M Selama Pandemi COVID-19

Warga saat melakukan Klaim Jaminan Hari Tua (JHT) di BP Jamsostek Tanjungpinang.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketengakerjaan (BP-Jamsostek) cabang Tanjungpinang mengatakan, telah membayarkan Rp 56,18 miliar klaim dana Jaminan Hari Tua (JHT) kepada 5.604 orang peserta dari Januari-September 2020.

Jumlah tersebut, mengalami peningkatan sebesar 20 persen dibandingkan tahun 2019 lalu yang sebelumnya hanya sebesar Rp33,41 miliar.

Kepala cabang BP Jamsostek Tanjungpinang, Sri Sudarmadi, mengatakan
meningkatnya warga yang mengajukan dana klaim JHT, karena banyaknya kasus Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selama masa pandemi COVID-19.

“Peningkatan klaim JHT-nya antara 20-30 persen karena pandemi, banyak PHK,”ujarnya, Sabtu (31/10/2020).

Ia menuturkan, dalam mengajukan klaim ini tidak ada aturan batas waktu kepesertaan. Dimana, tidak ada regulasi yang mengatur masa tunggu seberapa lama peserta BPJSTK boleh menklaim dana jaminan sosialnya.

“Baik 1 atau 2 tahun masa bekerja pun boleh mencairkannya,” katanya.

Selain itu, Sri Sudarmadi menambahkan, pihaknya juga mempermudah proses pengajuan klaim dan JHT pada masa pandemi COVID-19.

Luncurkan Program Lapak Asik Online dan Onsite
Untuk mempermudah layana pengajuan klaim dana JHT pada masa pandemi COVID-19, BP Jamsostek telah meluncurkan program ‘Lapak Asik Online’ atau layanan tanpa kontak fisik.

Sekretaris cabang BP Jamsostek Tanjungpinang, Giardi Utama, mengungkapkan program lapak asik ini merupakan layanan yang telah dipakai sejak awal pandemi COVID-19, Mare 2020 lalu. Dimana, masyarakat yang ingin mengajukan klaim dana JHT hanya perlu mengaksesnya melalui website resmi BP Jamsostek.

“Nanti tinggal masuk ke website resmi, ikuti pentunjuk dan lengkapi persyaratannya. Maka, pengajuannya akan kami proses, tanpa harus datang ke kantor,” imbuhnya.

Selain, berbasis online, lanjut Giardi, pihaknya belum lama ini juga membuka layanan ‘Lapak Asik Onsite’. Dimana, masyarakat sudah bisa mengajukan klaim dana JHT dengan mendatangi seluruh kantor cabang BP Jamsostek terdekat.

Yang terpenting, lengkapi seluruh persyaratan dokumennya dan berkas akan langsung diproses. Namun, tetap memerhatikan protokol kesehatan.

“Program layanan yang kami hadirkan ini hanya untuk mempermudah masyarakat dalam mencairkan dana klaimnya. Namun, kami juga tetap akan menjaga protokol kesehatannya,”tutup Giardi.

Penulis:Ismail 

Comments
Loading...