Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tambah Satu Kasus, Lansia Asal Kijang Dinyatakan Positif Covid-19

Waspada Tiga Klaster Baru Penyebaran Covid-19.(foto:Internet)

PRESMEDIA.ID,Bintan- Kasus positif Covid-19 di Bintan bertambah. Satu orang lansia asal Kijang-Bintan Timur dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil uji swab PCR yang diperoleh Satgas Penanganan Covid-19 Minggu (1/11/2020).

Juru bicara gugus tugas penanganan Covid-19 Bintan, dr Gama AF Isnaeni, mengatakan penambahan 1 kasus postif covid-19 itu, adalah Tn.Sua (65) warga Jalan Nusantara Km 23 Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur (Bintim).

“Yang bersangkutan dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan hasil uji Swab PCR BTLKPP Batam tanggal 31 Oktober 2020 dan kami terima pada 1 November 2020 kemarin”ujarnya Senin (2/11/2020).

Lansia ini lanjutnya, tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah. Kemudian juga tidak memiliki sakit dengan gejala apapun. Namun ketika menjalani cek kesehatan dengan Rapid Diagnostic Test (RDT) hasilnya dinyatakan reaktif.

Selanjutnya, yang bersangkutann kembali menjalani cek kesehatan lanjutan dengan menjalani pengambilan swab tenggorokan dan hidung di Puskesmas Kijang pada 26 Oktober dan 27 Oktober. Sampelnya dikirim ke Balai dikirimkan ke Balai Teknik Kesehatan Lingkungan dan Pengendalian Penyakit (BTKLPP) Batam untuk dicek melalui Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Hasil PCR pertama keluar pada 29 Oktober dinyatakan negatif. Namun PCR kedua yang keluar pada 31 Oktober hasilnya positif,”jelasnya.

Dengan hasil PCR Positif Covid-19, kata Gama, pria berinisial Sua ini ditetapkan sebagai pasien kasus covid-19 ke 209 di Kabupaten Bintan.

Meskipun kondisinya terinfeksi virus corona namun bersangkutan enggan di isolasi di rumah sakit. Melainkan dia memilih untuk menjalankan isolasi secara mandiri di rumahnya sendiri.

“Kita sudah melakukan tracing terhadap orang-orang yang berkontak erat dengan bersangkutan. Mereka sudah kita cek dan diambil swabnya,” katanya.

Hingga saat ini jumlah pasien positif covid-19 secara komulatif mencapai 209 orang. Dari total tersebut, sebanyak 192 orang telah sembuh dari virus corona dan 5 orang lainnya telah meninggal dunia.

“Sampai saat ini jumlah pasien yang menjalani isolasi sebanyak 10 orang. Mereka jalani isolasi itu ada yang secara mandiri di rumah dan juga di rumah sakit,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...