Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

DJBC Khusus Kepri Gagalkan Penyeludupan 18 Ton Pasir Timah ke Malaysia

Barang Bukti Kapal KM.Harapan Baru-5 yang ditegah dan diamankan DJBC Khusus Karimun bawa Pasir Timah.

PRESMEDIA.ID,Karimun-Tim pengawas Patroli Kanwil DJBC Khusus Kepri wilayah perairan Timur Sumatera berhasil mengamankan 2 kapal pengangkut 18 pasir timah yang akan diseludupkan ke Malaysia.

Ke dua kapal yang diamankan itu adalah KM.Kurnia Abadi-21 dan KM.Harapan Baru-5, yang diamankan di perairan Tokong, Malang Biru Natuna Kepulauan Riau, pada Sabtu (31/10/2020) kemarin.

Kepala Kanwil DJBC Khusus Kepri, Agus Yulianto mengatakan, ke dua kapal tersebut di tegah saat melakukan patroli di laut, Dan saat ditegah, tim menemukan muatan kapal 18 ton pasir timah dari Indonesia yang akan dibawa ke negara tetangga Malaysia.

“Rencananya 18 ton pasir timah itu akan dibawa ke Malaysia. Namun saat ditengah perjalanan, tim patroli kami berhasil melakukan pencegahan ditengah laut,” katanya Selasa (3/10/2020).

Agus menambahkan kapal di nahkodai oleh seorang pria berinisial AG, serta membawa Anak Buah Kapal (ABK) sebanyak 3 orang.

Kapal yang memuat 360 karung pasir timah itu diduga memuat barang dari perairan Batam, Kepulauan Riau.

“Nilai barang sekitar 2,6 miliar. Untuk kerugian negaranya masih diperhitung, dan saat ini juga kami masih mendalami kasus ini,”tambahnya.

Saat ini untuk para pelaku dan barang bukti 18 ton pasir timah, serta kapal pengangkut dibawa ke Kanwil DJBC Khusus Kepri, yand ada di Kecematan Meral, Kabupaten Karimun, Kepulauan Riau.

Penulis: Puteri/Redkasi

Comments
Loading...