Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Komisioner KPU Terpapar COVID, Pilkada Kepri Tercanam Diambil Alih KPU Pusat

Ketua KPU Kepri Sri Wati.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-  Pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Provinsi Kepulauan Riau berpotensi diambil alih Komisi Pemilihan Umum (KPU-RI), akibat 3 anggota komisioner KPU Kepri terpapar COVID-19.

Hal tersebut sesuai dengan PKPU Nomor 13 tahun 2020 pasal 92 yang mengatur, tentang kedudukan petugas penyelenggara Pemilu, KPU, PPS, PPK, terpapar COVID-19 dan menjalani perawatan, hingga menyebabkan tidak kuorum atau tidak dapatnya dilaksanakan Pilkada, maka tugasnya akan diambil alih oleh lembaga satu tingkat diatasnya, (KPU-RI mengambil alih tugas KPU Kepri-red).

Ketua KPU Kepri, Sri Wati juga membenarkan hal tersebut, dan saat ini pihaknya juga sudah berkirim surat kepada KPU RI, guna meminta arahan dan petunjuk lebih lanjut terkait situasi dan kondisi Komisioner KPU yang terpapar COVID-19 saat ini.

“Dalam surat yang kami kirim ke KPU-RI, juga kami memberitahukan bahwa pekerjaan di KPU Kepri masih berjalan sesuai tahapan. Dan memang sampai hari ini, kami juga masih bekerja sebagaimana tahapan, sambil menunggu arahan dan petunjuk dari KPU RI,”ujarnya, Rabu (4/11/2020).

Baca Juga

KPU Kepri Jadwalkan Pleno 18 Desember 2020

Meski Kalah, Isdianto Tetap Optimis Menang

Ditengah terpaparnya 3 komisioner KPU Kepri, lanjut Sri, dirinya bersama satu komisioner lagi, Widiyono Agung terus berupaya menyelesaikan tugas dan pekerjaan sesuai dengan tugas dan Fungsi masing-masing, dalam pelaksanaan tahapan Pilkada di Kepri Sesuai dengan PKPU 13 tahun 2020.

Mengenai, tahapan Pilkada yang akan segera dilaksanakan, Sri mengatakan, sesudi dengan agenda dan jadwal yang sudah disusun komisioner KPU sebelumnya adalah pelaksanaan debat publik putaran pertaman pada 9 November nanti.

“Untuk pelaksanaan Debat itu, saat ini kami masih berkoordinasi dengan pusat. Yang pasti kita tunggu petunjuk dan arahan dari pusat-lah,”tukasnya.

Sebagaimana diketahui, dari 5 komisioner KPU Kepri, 3 diantaranya dinyatakan positif COVID-19 bersama 1 orang staf KPU.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Mohammad Bisri, menyampaikan proses tracing pada klaster KPU Kepri yang dilaklukan saat ini telah selesai. Dab Satgas COVID-19 tinggal menunggu hasil uji Swab dari masing-masing yang berkontak.

Mengenai kondisi 3 komisioner dan 1 satf KPU yang dinyatakan positif Covid-19 itu, Bisri mengatakan, saat ini dalam kondisi stabil.

“Untuk pasien Ph dan Ps juga kondisinya baik, dan menjalani Karantina mnadiri, dan tidak ada yang dirawat di RS,”sebutnya.

Penulis:Ismail 

Comments
Loading...