Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tiga WNA Philipina Pekerja Kapal PT.Singatac Lobam Positif Covid-19

Kepala dinas Kesehatan Bintan dr.Gamma AF Isnaeni (Foto:Dok Presmedi.id)

PRESMEDIA.ID,Bintan- Sebanyak 3 WNA Philipina yang bekerja di Kapal PT.Singatec Lobam, dinyatakan positif Covid-19. Selain WNA itu, satu orang warga Toapaya Asri Bintan juga dinyatakan positif COVID-19.

Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Bintan dr.Gamma AF Isnaini mengatakan, ke 3 WNA dan warga Toapaya itu dinyatakan positif COVID-19 berdasarkan uji Swab PCR yang diterima gugus tugas Bintan Rabu (4/11/2020) kemarin.

“Hasil PCR ke empatnya dinyatakan positif covid-19,”ujar Gama, Kamis (5/11/2020).

Pasien kasus ke 218 adalah Tn.Ar (52) warga RT 001/RW 001 Kelurahan Toapaya Asri, Kecamatan Toapaya. Ar kata Gamma, pasien yang sebelumnya kontak erat dengan positif covid-19 asal Tanjungpinang. Namun tidak mengalami sakit dengan gejala apapun.

“Yang bersangkutan menjalani pemeriksaan kesehatan di RSAL Dr Midiyato Suratani Tanjungpinang. Kemudian pada 31 Oktober dan 1 November pihak medis melakukan pengambilan swab tenggorokan dan hidungnya bersangkutan,”ujarnya.

Saat ini pasien Ar menjalani isolasi di Gedung LPMP Kepri yang berada di Jalan Tata Bumi, Ceruk Ijuk, Toapaya.

Sedangkan 3 WNA Philipina, kata Gamma, meruakan pekerja Kapal PT Singatac Kawasan Industri Lobam, Kecamatan Seri Kuala Lobam dengan inisial Rpa (35) dan Rmg (45) yang dinyatakan positif Covid-19 berdasarkan uji swab PCR yang diterima Rabu (4/11/2020), dan meruakan pasien kasus Covid-19 Bintan ke 219 dan 221.

WN Filipina Rpa dab Rmg sebelumnya dilakukan pengecekan kesehatan dan pengujian swab tenggorokanhidung di Puskesmas Teluk Sasah pada 31 Oktober 2020 lalu. Selanjutnya diswab ulang di salah satu klinik di Batam pada 1 November lalu.

“Dari kedua uji swab PCR itu, dinyatakan ke 3 WN Philipina ini positif Covid-19. Mengenai penelusuran epidemologi penularan, hingga saat ini belum diketahui, Sebab sebelumnya ke tiganya tidak pernah keluar kemana-mana melainkan hanya berada di kapal sejak Mei 2020,”sebutnya.

Saat ini, ke 3 WN Philipina itu, melakukan isolasi mandiri di Dormitory PT.Singatec Lobam.

Dengan penambahan kasus positif Covid-19 ini, maka akumulasi jumlah kasus Covid-19 di Bintan saat ini berjumlah 221 orang, dari jumlah itu, 197 pasien diantaranya sembuh, 19 menjalani perawatan dan penyembuhan, dan 5 orang meninggal dunia.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...