Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pastikan Pilkada Bebas Covid-19, Bawaslu dan KPU Bintan Tes RDT dan Uji Swab

Bawaslu Bintan gelar RDT pada Pengawas Kelurahan Desa (PKD), Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam).

PRESMEDIA.ID,Bintan- Lembaga penyelenggara dan pengawas Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Bintan, melaksanakan cek kesehatan untuk memastikan seluruh petugasnya bebas dari Covid-19.

Untuk Bawaslu Bintan, sebelumnya telah melaksanakan Rapid Diagnostic Test (RDT) di kantornya pada Kamis (5/11/2020) lalu.
Sedangkan KPU Bintan, direncanakan akan melaksanakan Uji swabPolymerase Chain Reaction (PCR) pada, Jumat (6/11/2020).

Komisioner Bawaslu Bintan Devisi Sumber Daya Manusia (SDM), Ondi Dobi Susanto, mengatakan sebanyak 149 orang yang pertugas dalam lembaga pengawasan Pilkada sudah menjalani RDT. Mereka terdiri dari Pengawas Kelurahan Desa (PKD), Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) beserta sekretariatnya dan Bawaslu Bintan beserta jajarannya.

“Namun yang hadir dan mengikuti RDT hanya 112 orang dan hasilnya non reaktif semua. Sedangkan sisanya 37 orang belum RDT karena bertugas mengawasi kampanye dan penertiban APK,”ujar Ondi Jumat (6/11/2020).

RDT yang dilaksanakan, lanjut Dia, merupakan program Bawalsu Kepri, dan di Bintan sudah dilakukan sebanyak 2 kali selama tahapan pilkada. Tujuannya untuk memastikan agar jajaran di lembaga pengawasan termasuk ad hoc-nya dalam kondisi sehat dan tidak terinfeksi virus corona.

Melalui RDT ini juga cara Bawaslu melawan wabah covid-19 di Kabupaten Bintan. Kemudian juga memberikan kepastian bagi masyarakat luas bahwa pihak pengawas pilkada di kabupaten ini bebas dari virus.

“Untuk 37 orang yang tak hadir akan dijadwalkan ulang untuk ikut RDT di lain hari,”jelasnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Bintan Divisi SDM dan Parmas, Syamsul mengatakan KPU sudah pernah melaksanakn RDT sebelumnya. Jadi untuk selanjutnya akan dilaksanakan cek kesehatan melalui Polymerase Chain Reaction (PCR).

“Untuk RDT sudah dua kali juga dilaksanakan. Begitu juga untuk PPK dan PPS juga sudah laksanakan RDT,” katanya.

Untuk yang sudah jalani RDT kemarin ada 386 orang. Terdiri dari 80 PPK beserta sekretariatnya yang tersebar di 10 kecamatan dan 306 PPS beserta sekretariatnya yang tersebar di 51 keluarahan/desa.

Sedangkan yang akan menjalani pengambilan swab tenggorokan dan hidung untuk dicek melalui PCR sebanyak 40 orang di KPU Bintan. Terdiri dari 13 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS), 7 orang Pegawai Pemerintan Non Pegawai Negeri (PPNPN), 15 orang tenaga pendukung dan 5 orang komisionernya.

“Besok yang bertugas di KPU Bintan akan melaksanakan cek kesehatan PCR di RSAL Dr Midiyato Suratani Tanjungpinang,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...