Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Gakumdu Tindak Lanjuti Temuan Rahma Bagi Masker dan Brosur Ansar-Marlin

Wali kota Tanjungpinang Hj.Raham, Saat menempel Stiker pasaangan Calon gubernur dan wakil gubernur Ansar-Marlin di Rumah Warga di Tanjungpinang. (Foto:Facebook)

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Sentra Penegakan Hukum Terpadu (Gakkumdu) kota Tanjungpinang, menyakan akan menindak lanjuti dugaan pelanggaran Pemilu, atas temuan photo wali kota Tanjungpinang Hj.Rahma yang membagian Masker dan brosur serta penempelan stiker pasangan Calon nomor urut 3 Ansar Ahmad-Marlin Agustan di Rumah warga.

Ketua Bawaslu Tanjungpinang Muhammad Zaini, mengatakan dari pembahsan pertama Sentra Gakkumdu Kota Tanjungpinang, yang terdiri dari Bawaslu, Kepolisian dan Kejaksaan, menyatkan adanya temuan peristiwa pidana pemilihan dari tersebarnya photo wali kota dalam pembagian Masker tersebut.

Selanjutnya, atas temuan itu, kata Zaini, Gakumdu akan menindaklanjuti dengan mencari, mengumpulkan bukti-bukti serta menemukan pasal yang disangkakan terhadap peristiwa yang di laporkan.

“Dari temuan ini disepakti akan ditindak lanjuti dalam proses kajian pelanggaran pemilihan oleh pengawas dan penyelidikan serta penyidik tindak pidana Pemilihan,”papar Zaini, Sabtu (7/11/2020).

Dengan tindak lanjut yang dilakuan, dalam waktu dekat sentra Gakumdu kota Tanjungpinang, akan melakukan pemanggilan terduga dan sejumlah pihak untuk dimintai keterangan terkait dengan photo pembagian Masker dan brosur serta penempelan stiker Calon Gubernur Ansar-Marlin yang dilakukan wali kota Tanjungpinang Hj.Rahma tersebut.

“Hal ini sesuai dengan Peraturan bersama nomor 5, 1, 4 dan 14 tahun 2020 Sentra Gakkumdu, tentang pemilihan Gubernur, Walikota dan Bupati. Bahwa pada pasal 17 ayat 2 dalam pembahasan pertama yang dilakukan,”ujarnya

Setelah pembahasan pertama, lanjutnya Gakkumdu akan melakukan penyelidikan selama 3 hari plus 2 hari sebagaimana ketentuan UU nomor 10 tentang pemilihan Gubernur, Walikota dan Bupati, dengan mengundang dan meminta keterangan dari sejumlah pihak.

Namun Zaini masih enggan membeberkan mengenai aturan dan Pasal yang yang dilanggar Waki kota Tanjungpinang itu, Demikia juga, orang yang akan dipanggil dan diundang untuk dimintai keterngan atas dugaan pelanggaran itu.

“Jadwal sudah ada, tetapi masih dalam proses terhadap sejumlah pihak. Untuk Pasal, ketika sudah ditemukan kami akan sampaikan pada pertemuan kedua, dengan terpenuhinya unsur-unsurnya,”pungkasnya.

Sebelumnya, photo wali kota Tanjungpinang Hj Rahma, viral dan menjadi sorotan di media sosisal, karena membagikan masker Pemerintah dari bantuan Temasek Foundation Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Singapura bersama brosur gambar salah seorang Paslon.

Dalam pembagian Masker, Rahma yang saat itu mengunakan baju warna putih bersama seorang wanita, berfose menunjukan tiga jari. Usai menyerahkan masker, Rahma juga menempel stiker pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Kepri nomor urut 3 Ansar Ahmad-Marlin Agustina ke rumah warga

Jika dilihat dari tanggal dan jam photo yang beredar, Rahma membagikan masker dan brosur serta menemper Stiker pasangan calon Ansar Ahmad-Marlin Agustina itu pada Kamis 29 Oktober 2020, sekitar pukul 10:11 WIB, disalah satu rumah warga. Namun hingga saat ini belum diketahui dimana rumah warga tersebut.

Penulis:Roland 

Comments
Loading...