Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Kab Lingga

Masyarakat Nelayan Posek Tolak Tambang Timah PT.SAR di Alang Tiga Lingga

DPRD Lingga
Masyarakat Nelayan Pulai Posek Tolak Tambang Timah PT.SAR di Alang Tiga Lingga.

PRESMEDIA.ID,Lingga- Masyarakat Nelayan pulau Posek, kecamatan Singkep Barat melakukan aksi demo, menolak aktivitas tambang timah PT.Suprem Alam Resource (SAR) di laut pulau Alang Tiga kabupaten Lingga.

Penolakan warga dilakukan dengan aksi demo ke lokasi tambang dengan menggunakan perhu sampan (pompong) dengan membawa spanduk penolakan, dan mendapat pengawalan dari anggota dan Kapolsek Singkep Barat, Minggu (08/11/2020).

Warga mengatakan, demo penolakan aktivitas tambang dikawasan laut pulau Alang Tiga itu dilakukan, karena akan merugikan nelayan dan mengganggung aktivitas penangkapan ikan.

Selain itu, warga juga mengaku sangat marah, akibat Kepala Desa Posek yang melayangkan surat ke ESDM Provinsi, isinya menyatakan dukungan masyarakat Desa Posek kepada PT.SAR untuk melakukan penambangan Timah Laut.

“Kami tidak pernah menyetujui dilakukanya penambangan timah laut di perairan Alang tiga oleh PT.SAR tersebut, kepala desa memberi keputusan sepihak,”kata warga lainya.

Kapolsek Singkep Barat Iptu Idris mengatakan, pengawalan pada aksi warga itu dilakukan, agar pelaksanaan deklarasi Penolakan terhadap PT.SAR yang melakukan Penambangan timah laut diwilayah itu berjalan dengan tertib dan situasi tetap kondusif.

Kapolsek juga menghimbua agar masyarakat Kecamatan Kepulauan Posek dapat menyikapi dengan tenang dan tidak melakukan tindakan anarkis karena, anarkis bukanlah jalan yang terbaik.

“Kita mengajak agar masyarakat mencari solusi dalam menyelesaikan masalah tersebut dengan melakukan tindakan administrasi dengan cara mencari tahu terlebih dahulu dokumen yang dimiliki oleh PT.SAR,jika memang tidak benar, baru bisa dilakukan tindakan hukum,”ujarnya.

Selama berlangsungnya kegiatan Deklarasi Penolakan Penambangan Timah laut tersebut berjalan dengan tertib dan situasi tetap kondusif.

Penulis:Aulia/Redaksi 

Comments
Loading...