Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Progres 98 Persen, Perbaikan Jembatan II Dompak Rampung Pekan Ini

Proses pekerjaan perbaikan tiang Jembatan II Dompak.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Perbaikan Jembatan II Dompak tak lama lagi akan rampung. Proyek yang pekerjaannya dimulai pada Juni 2020 lalu kini progresnya sudah 98 persen.

Kepala Seksi Jembatan dan Jalan Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Provinsi Kepri, Handoko, mengatakan saat proses pekerjaan sudah dalam tahapan finishing.

“Diperkirakan seminggu kedepan ini, Insya Allah Jembatan II Dompak sudah siap perbaikannya,” katanya, Selasa (10/11/2020).

Ia menyampaikan, setelah perbaikan tahapan pertama ini rampung 100 persen, selanjutnya akan dilakukan pengujian kekuatan jembatan dengan dilewati kendaraan dengan bobot yang dibatasi.

“Minggu ini rencana mau di loading test dulu, setelah itu baru di buka. Tetapi masih dalam pembatasan berlalu lintasnya karena belum semuanya di perbaiki,” tutur Handoko.

Meski setelah uji kekuatan jembatan, akses Jembatan II Dompak akan dibuka kembali. Namun, lanjut Handoko, pihaknya akan tetap memasang portal guna membatasi kendaraan yang bisa melintas jembatan.

Dimana, aksesnya hanya diperbolehkan kepada kendaraan kecil dengan berat tertentu, sementara kendaraan berat masih tidak di perbolehkan.

“Kita masih tetap memasang portal, khusus kendaraan berat belum bisa lewat dulu. Namun setelah perbaikan siap seluruhnya maka kendaraan berat bisa melintasinya,” ujarnya.

Sebelumnya, Gubernur Kepri Isdianto meminta kepada kontraktor perbaikan Jembatan II Dompak agar pekerjaan selesai November 2020.

Target itu lebih cepat satu bulan, dari batas akhir kontrak pengerjaan perbaikan jembatan yang harusnya selesai pada akhir Desember 2020 nanti.

“Saya minta bulan November nanti sudah selesai dan sudah bisa digunakan masyarakat seperti sediakala,” tegasnya saat meninjau pekerjaan proyek kala itu.

Sebagaimana diketahui, Pemprov Kepri mengalokasikan anggaran Rp 8,7 miliar untuk perbaikan Jembatan II Dompak tahap pertama untuk memperbaiki 68 tiang dari total 156 tiang. Sesuai dengan kontraknya proses pekerjaan dilaksanakan selama 240 hari atau hingga Desember mendatang.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...