Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

KPU Cetak 1,3 Juta Surat Suara Pilgub Kepri di Cikarang 

Satu Surat Suara Pilgub Kepri Rp 190,-

KPU dan Bawaslu Kepri saat melakukan pemantuaan pencetakan Surat Suara Pilgub Kepri 2020 di Cikarang.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-  Ketua KPU Kepri Sriwati, menyampaikan proses pengadaan logistik surat suara (SS) Pilkada Gubernur Kepri saat ini masuk dalam tahap pencetakan PT.Gramedia di Cikarang.

Proses produksi, dikatakan Sri sudah dilaksanakan sejak 7 November 2020 lalu oleh perusahaan pemenang tender.

“Selama proses pengadaan dan pencetakan dari awal, kita juga didampingi pihak Bawaslu Kepri. Setelah selesai pemotongan dilanjutkan ke packing dan distribusi,”ujarnya, Selasa (10/11/2020).

Ia menjelaskan, total surat suara Pemilihan Gubernur Kepri yang diadakan sebanyak 1.199.383 lembar, Jumlah itu sesuai dengan Jumlah Daftar pemilih Tetap (DPT) Provinsi Kepri tambah cadangan 2,5 persen dari DPT per Tempat Pemungutan Suara (TPS), serta Surat Suara untuk pemilihan ulang (Bertanda khusus) sebanyak 2.000 lembar.

“Kita berharap, proses penyediaan surat suara ini dapat dikerjakan tepat pada waktunya, sehingga penyebaran logistik tersebut sesuai dengan tahapan yang sudah ditetapkan,”jelasnya.

Sementara itu, Kasubag Teknis dan Hubungan Masyarakat KPU Kepri, Ziko, menerangkan, nilai kontrak pengadaan surat beserta cadangannya untuk Pemilihan Gubernur Kepri 2020 sebesar Rp.230 juta. Nilai kontrak tersebut sudah termasuk dengan biaya distribusi ke daerah.

“Harga per satu lembar surat suara sesuai nilai kontraknya Rp190,- sesuai dengan tender yang dilakukan Pojka KPU-RI secara e-katalog dan Penetapan pemenang,”katanya.

Seluruh proses produksi hingga distribusi Surat Suara ke Kabupaten/kota lanjut Ziko, dilakukan oleh penyedia dan diawasi oleh tim dari KPU, Bawaslu dan aparat Keamanan.

“Kemungkinan besar distribusi sekitar tanggal 22 atau 23 November mendatang,”ucapnya.

Selain itu, Ziko menambahkan, untuk pengadaan kotak dan bilik suara Pilkada, juga sudah dilaksanakan sebelumnya. Jumlahnya pun sama dengan total TPS di Kepri yakni sebanyak 4.062 unit.

“Kotak dan bilik suara diadakan dengan tender Berbeda, dan semuanya baru. Karena merupakan barang habis pakai,”pungkasnya.

Mengenai besaran kontrak dan rekanan perusahaan yang mengadakan, Ziko mengaku lupa, karena sedang diluar, dan berjanji akan menyampaiakanya ke Media kalau sudah berada di kantor.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...