Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Aturan Baru Protokol Kesehatan, Karantina 14 Hari Pasien COVID-19 Dinyatakan Sembuh

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri M.Bisri.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepulauan Riau, Mohammad Bisri menyampaikan, ratusan pasien positif COVID-19 di Kepri akan dinyatakan sembuh setelah 14 hari melakukan karantina, dan tanpa diuji PCR Swab lagi.

Hal itu kata Bisri, sesuai dengan aturan baru protokol kesehatan revisi 5, yang menyatakan pasien positif Covid-19, hanya cukup menyelesaikan masa karantina selama 14 hari saja dan tidak perlu lagi harus dinyatakan negatif melalui uji swab.

“Jadi Swab pasca isolasi atau Karantina tidak diperlukan lagi untuk mengetahui positif atau negatif, tapi kalau sudah karantina 14 hari tanpa gejala, ya berarti sembuh,”ujarnya, Rabu (11/11/2020).

Ia menjelaskan, ketentuan tersebut sudah berdasarkan standard WHO. Dimana, sesuai protokol kesehatan walaupun hasil swab pasien tidak bergejala masih positif, Bamun sifat virus Covid-19 si pasien penderita, dinyatakan sudah tidak menularkan lagi.

“Kita menjalankan sesuai standar WHO saja. Bila sudah tidak bergejala dan telah menjalani karantina, kita anggap orang tersebut sembuh,”ulangnya.

Untuk diketahui, berdasarkan data Satgas Percepatan dan Penanganan COVID-19, jumlah pasien COVID-19 di Provinsi Kepri hingga 10 November 2020 sebanyak 4.377 kasus.

Dari jumlah tersebut, sebanyak 3.319 orang dinyatakan sembuh, sementara korban meninggal dunia meningkat hingga menyentuh angka 120 orang. Dengan demikian, jumlah kasus aktif saat ini sebanyak 938 kasus.

Angka COVID-19 di Kepri ini juga terus menunjukkan penambahan setiap harinya. Bahkan status penyebarannya sudah merata di 7 kabupaten/kota se-Kepri.

Penulis:Ismail

Comments
Loading...