Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Malaysia Deportasi 125 TKI Ditengah Pandemi Covid-19 ke Tanjungpinang

TKI dan anaknya saat tiba di Pelabuhan SBP Tanjungpinang dari Malaysia.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Sebanyak 125 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI), dideportasi Malaysia ditengah Pendemi COVID-19 dari Johor Baharu ke Pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang, Rabu (11/11/2020).

Kepala Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Tanjungpinang, Agus Jamaludin mengatakan, saat tiba di Tanjungpinang, ke 125 orang TKI yang dipulangkan Malaysia itu, harus mengikuti protokol kesehatan yang ketat mengingat pandemi Covid-19 saat ini.

“Dari 125 yang dipulangkan terdiri dari 67 laki-laki, 53 perempuan dan 5 orang anak kecil,”katanya Rabu (11/11/2020).

Ratusan TKI itu, lanjutnya, tiba di Tanjungpinang dari Johor Bharu Malaysi dengan menggunakan Kapal MV.Citra Indah 99. Selanjutnya akan dilakukan pengecekan kesehatan dan barang bawaan TKI juga di semprot disinfektan.

“Pengecekan kesehatan dilakukan melalui pengecekan suhu badan, dan wawancara menanyakan hasil PCR Covid-19 dibawa atau tidak. Kita juga akan tetap melakukan Uji swab,”ucapnya.

Saat ini, lanjut Agus ke 125 TKI itu akan ditampung di RPTC Senggarang kota Tanjungpinang, untuk dilakukan isolasi sambil menunggu hasil uji PCR Covid-19.

Isolasi minimal dilakukan selama 10 hari, setelah itu ratusan TKI itu baru dipulangkan ke daerah asal masing-masing di Indonesia.

Salah satu TKI asal Batam, Khusnul Khotimah (33) mengaku sudah setahun berada di Malaysia. Ia dan rekanya terpaksa menjalani hukuman kurungan selama delapan bulan karena tertangkap saat Pemerintah Malaysia melaksanaan lockdown.

“Kami ketangkap petugas saat Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Malaysia. Setelah diperiksa kemudian langsung ditahan selama delapan bulan,”ujarnya.

Penulis:Roland

Comments
Loading...