Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

3 Tahun Tak Rampung, Megaproyek G12 Kembali Disuntik Rp 30 Miliar 2021 Mendatang

memasuki tahun ke Tiga Proyek Gurindam 12, di Tepi Laut Tanjungpinang.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau kembali akan mengalokasikan lanjutan megaproyek penataan kawasan pesisir Gurindam 12 (G12) sebesar Rp 30 miliar pada APBD 2021.

Hal itu dikarenakan proyek tahun jamak mulai 2018-2020 dengan nilai pagu sebesar Rp 514 miliar tersebut dipastikan tak akan rampung 100 persen hingga akhir tahun ini.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, mengakui berdasarkan kontrak kerja proyek G12 harus tuntas pada tahun ini. Namun, laporan dari Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPP), ada beberapa pekerjaan yang masih perlu dilanjutkan.

“Makanya, tahun depan diplotkan lagi Rp 30 miliar untuk melanjutkan,” ucapnya, Kamis (12/11/202.

Ia memaparkan, alokasi Rp 30 miliar tersebut akan difokuskan pada penuntasan jalan beton. Sedangkan, untuk pekerjaan lainnya disesuaikan dengan kondisi keuangan daerah.

“Konsentrasi kita di 2021 bukan hanya pada bidang infrastruktur saja. Namun pada pencegahan COVID-19 menjadi prioritas utama. Konsekuensinya memang berpengaruh pada rencana pembangunan infrastruktur daerah,” jelas Arif.

Sebelumnya diberitakan, proyek strategis penataan kawasan pesisir G12 dipastikan tidak akan selesai 100 persen tahun 2020 ini. Hal tersebut disebabkan beberapa kendala teknis.

Kepala Seksi Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang, dan Pertahanan (PUPRP) Provinsi Kepri, Handoko, mengutarakan secara keseluruhan untuk menyelesaikan proyek tahun jamak itu masih memerlukan anggaran sebesar Rp 150 miliar.

Karena masih ada beberapa pekerjaan besar tersisa disebabkan terjadinya adendum kontrak antara Pemprov Kepri dengan kontraktor.

Adapun, anggaran sebesar Rp150 tersebut peruntukannya adalah pembangunan landscape, tunjuk langit, dan sisa jalan beton yang dari Zona 2B ke Jembatan G12, dan dari Lantamal ke Jembatan G12 sepanjang 400 meter. Proyek G12 yang merupakan kegiatan tahun jamak Pemprov Kepri dengan pagu anggaran senilai Rp 514 miliar tersebut sudah dimulai sejak tahun anggaran 2018 lalu oleh PT Guna Karya Nusantara selaku kontraktor.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...