Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Waspadai Musim Angin Utara, Pjs Gubernur Ingatkan Bulog Pasok Logistik di Daerah Kepulauan

Pjs Gubernur Kepri Bahtiar Burhanudin.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Tak lama lagi, kondisi cuaca di Provinsi Kepulauan Riau akan memasuki musim angin utara. Pada kondisi tersebut, hampir di seluruh wilayah perairan Kepri akan mengalami gelombang tinggi serta angin kencang, bahkan di Laut Natuna Utara tinggi gelombang bisa mencapai 4 sampai 7 meter.

Penjabat Sementara (Pjs) Gubernur Kepri, Bahtiar Baharuddin, mengingatkan seluruh instansi yang membidangi ketahanan pangan harus bersiap menghadapi kondisi tersebut. Dengan memasok kebutuhan pangan ke daerah kepulauan, guna mengantisipasi kelangkaan akibat putusnya transportasi akibat cuaca ekstrem.

“Kita harus belajar dari kasus-kasus sebelumnya dalam penanganan kebutuhan di masa sulit ini. Jangan sampai masyarakat kesulitan mendapatkannya,” katanya, Jumat (13/11/2020).

Oleh karena itu, dirinya meminta perusahaan umum milik negara yang bergerak di bidang logistik pangan ( Perum Bulog) menjamin ketersediaan beras dan kebutuhan lainnya di Kepri selama musim utara berlangsung.

“Saya minta agar secepatnya Bulog mendorong barang kebutuhan pokok itu ke daerah, terutama ke Anambas, Natuna dan daerah lainnya yang pengirimannya menggunakan kapal. Tentu ini untuk mengantisipasi cuaca ekstrem di laut,” tuturnya.

Selain itu, Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri, ini juga mengimbau kepada para pengguna dan pelaku jasa pelayaran agar senantiasa berhati-hati. Sebelum melakukan perjalanan harus dikoordinasikan dengan pihak yang berwenang dalam pelayaran ini, seperti KSOP, Syahbandar dan juga dengan BMKG terkait cuaca ini.

“Sisi lain kita harus bisa memenuhi kebutuhan masyarakat, tetapi sisi lain juga kita harus memikirkan keselamatan bersama,” imbuhnya mengingatkan.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...