Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Terombang-Ambing di Laut, 4 Kru KM.Carolina Diselamatkan Tim SAR Gabungan

Tim SAR Gabungan saat melakukan upaya penyelamatan pada Kru Kapal nelayan KM.Carolina yang terombang-ambing di laut Karimun (Ist)

PRESMEDIA.ID.Tanjungpinang- Tim SAR gabungan berhasil menyelamatkan 4 orang kru kapal KM.Carolina yang terombang-ambing di laut akibat kapalnya mengalami mati mesin. Penyelamatan dilakukan Tim SAR gabungan terhadap kapal di perairan Pulau Rukan Kundur, Kabupaten Karimun sekitar pukul 06.45 Wib,Selasa (3/9/2019).

Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Tanjungpinang, Mu’min mengatakan, kronologis kejadian berawal saat kapal nelayan KM.Carolina berlayar melaut pada Jumat (30/8/2019) sekitar pukul 05.00 WIB. Namun pada hari, Senin,(2/9/2018) sekitar pukul 13.00 WIB nahkoda berkomunikasi dengan pemilik kapal bahwa kapal yang mereka tumpangi mengalami mati mesin di tengah laut.

Dalam kondisi terombang-ambing, kru juga mengabarkan, mesin genset kapal mati, alat komunikasi radio marine off, serta kapal tidak memiliki Epirb dan melakukan lego jangkar. Atas infromasi itu, lanjut Mu’min, Pemilik kapal melaporkan ke pihak setempat, dan informasi diteruskan ke tim SAR gabungan.

“Selanjutnya tim Rescue Boat 209 dengan ABK 17 orang, 4 orang Rescuer bersama TNI AL Lingga langsung bergerak ke lokasi kejadian, dan menemukan kapal di perairan pulau Rukan Durai Kabupaten Karimun,”ujarnya.

Saat ditemukan, kata Mu’Min, seluruh korban berada didalam kapal yang kondisinya terombang-ambing. Selanjutnya, pertolongan langsung dilakukan dengan mengevakuasi seluruh korban ke pulau Sanglang Kabupaten Karimun.

“Seluruh Kru baik nakhoda dan ABK selamat, ke 4 kru terdiri dari Ahmad (50) sebagai Nahkoda, dan tiga orang ABK masing-masing Indra (40), Adi(40) serta Hajan (40),”ujarnya.(Presmed6)

Comments
Loading...