Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Banjir Rob Landa Tanjunguban, Air Laut Meluap Hingga ke Jalanan

Banjir Rob Landa Tanjung Uban, Air Laut Meluap hingga ke Jalan

PRESMEDIA.ID,Bintan- Jalan Merdeka dan Jalan RE Martadinata di Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara terendam akibat banjir rob atau pasang air laut,Selasa (17/11/2020).

Banjir terjadi selama 3 jam. Dimulai dari pukul 10.00 WIB-13.00 WIB. Akibatnya membuat banyak pengendara memutar arah di jalur verboden karena air laut bisa membuat kendaraan mereka cepat karat bahkan rusak.

Salah seorang warga Tanjunguban, Tomi mengakui banjir rob sudah melanda Tanjunguban sejak 4 hari. Untuk pagi menjelang siang hari, banjir tidak terlalu tinggi namun merendam jalan yang padat lalulintas bahkan sampai di depan Pelabuhan Bulang Linggi.

Sedangkan pada malam hari banjir rob tidak hanya sekeda merendam Jalan Merdeka dan RE Martadinata saja. Tetapi juga memasuki beberapa titik jalan lainnya di Tanjunguban

“Namun yang paling parah terjadi pada malam hari. Pada titik tertinggi bisa mencapai betis orang dewasa,” katanya.

Sementara pengendara motor Yamaha Mio, Yoan mengatakan banjir rob selalu terjadi di Tanjunguban. Bahkan ini sudah menjadi pemandangan biasa ketika memasuki musim pasang air laut tinggi yaitu November dan Desember.

“Sudah dari dulu seperti kayak gini. Air laut pasang tinggi sampai menutupi jalanan. Paling tinggi di depan pelabuhan,” kata pria kelahiran Kecamatan Bintan Utara tersebut.

Banjir rob akan terus terjadi dan tak dapat dielakkan sebab kondisi beberapa ruas jalanan di Tanjunguban lebih rendah. Sehingga air laut pasang tinggi akan masuk ke jalanan.

“Jika tidak ingin jalanan itu terendam harus ditinggikan. Tapi itukan butuh biaya besar,”ucapnya.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...