Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Pemprov Kepri Mulai Data 1,4 juta Warga Kepri Penerima Vaksin COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan  Kepri, Mohammad Bisri.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau saat ini mulai melakukan pendataan warga yang diprioritaskan memperoleh vaksinasi COVID-19.
Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Mohammad Bisri, mengatakan pihaknya juga telah merekrut tenaga medis untuk pelaksanaan vaksinasi tersebut sebanyak 160 orang sebagai tenaga vaksinator.

Bahkan Pemprov Kepri lanjut Bisri, sudah melakukan pelatihan terhadap tenaga-tenaga medis atau vaksinator ini sejak sebulan lalu.

“Kita sudah melatih vaksinatornya sebulan lalu sebanyak 160 orang,”ujarnya, Kamis (19/11/2020).

Selain itu tambah Bisri, Pemprov Kepri juga telah menyiapkan fasilitas penyimpanan vaksin COVID-19. Sebab, vaksin ini harus disimpan di tempat khusus dan tidak sembarangan menyimpannya.

“Kita siapkan ruangan khusus untuk penyimpanan vaksin ini, dan kita juga sudah menganggarkan biaya operasional dan dianggarkan di APBD TA 2021 mendatang,” tuturnya.

Untuk diketahui, Provinsi Kepri memperoleh kuota sebanyak 1,47 juta vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat. Program pemberian vaksin tersebut direncanakan Februari 2021 mendatang.

Sesuai dengan jumlah vaksin yang tersedia tersebut, maka bisa dipastikan vaksin COVID-19 hanya diberikan kepada 67 persen penduduk Kepri.

Berdasarkan surat dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Nomor SR.02.06/II/0950/2020 tertanggal 19 Oktober ke seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi tentang pemberitahuan rencana pelaksanaan pemberian imunisasi COVID-19.

Disebutkan bahwa, imunisasi COVID-19 itu akan diberikan kepada kelompok rentan usai 18-59 tahun. Terdiri dari tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan petugas pada fasilitas tenaga kesehatan.

Kemudian, petugas pada pelayanan publik, seperti anggota TNI/Polri, petugas bandara dan pelabuhan. Selanjutnya, petugas pemadam kebakaran, petugas PLN dan petugas PDAM.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...