Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pemprov Kepri Alami Kekosongan Pejabat Eselon, Pelantikan Tunggu Plt Gubernur

Sekda Kepri TS.Arif Fadillah

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Sejumlah jabatan Organisasi Perangkat Daerah (OPD), khususnya eselon II,III dan IV di Pemerintah Kepulauan Riau kosong. Kekosongan disebabkan, banyak pejabat yang memasuki usia pensiun, pindah tugas, hingga terjerat kasus pidana korupsi.

Akibatnya, sejumlah jabatan OPD eselon II,III dan IV yang kosong diisi dengan pejabat Pelasana tugas (Plt). Hal itu terjadi pada Kepala Dinas Kelautan Perikanan (DKP), Dinas Energi dan Sumber Daya Manusia (ESDM), Dinas Pendidikan, Kesbangpol, dan lainnya.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah mengakui banyaknya kekosongan jabatan eselon di OPD Kepri tersebut. Namun demikian, Pemerintah Kepri dikatakan Arif, juga belum akan melaksanakan pelantikan pejabat eselon IV, III maupun pejabat eselon II.

“Untuk pelantikan, sampai saat ini belum, karena masih menunggu arahan dari pak Plt.Gubernur,”kata Arif di Tanjungpinang belum lama ini.

Kekosongan sejumlah pejabat ini, kanjut dia, juga telah disampaikan BKD ke Plt.Gubernur, demikian juga sejumlah Kepala OPD yang dalam waktu dekat akan memasuki masa pensiun.

“Memang untuk mengatasi, perlu dilakukan langkah yang segera. Dan hal ini juga sedang dikoordinasikan,”ujarnya.

Saat ini, sebut Arif lagi, sejumlah kepala OPD yang akan masuk masa pensiun fi Kepri itu adalah, Amir Husen sebagai Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip. Yeri Suparna Kadis Kebudayaan, Tjetjep Yudiana Kadis Kesehatan dan sejumlah kepala OPD lainnya.

“Untuk pelantikan Kepala OPD, tentunya harus sesuai dengan mekanisme yakni dengan lelang jabatan. Dan untuk pejabat eselon dibawahnya juga akan ada penjaringan dan seleksi,” ujarnya.

Maka dari itu, kata Arif, untuk jabatan Kabag dan Kasi atau eselon III dan IV masih bisa dilaksanakan oleh pejabat Plt yang ditunjuk oleh Kadis yang bersangkutan dan tentunya sepengatahuan gubernur.

“Yang terpenting, jangan sampai mengganggu pelayanan publik. Dan kapan akan dilakukan pelantikan jabatan yang kosong, tentu kita menunggu arahan dan petunjuk gubernur terlebih dulu,”pungkasnya.

Comments
Loading...