Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Perbaikan Selesai, Jembatan II Dompak Sudah Bisa Dilalui

Jembatan Sulaiman Badrul Alamsyah atau Jembatan II Dompak akhirnya selesai diperbaikai dan kembali dibuka.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Jembatan Sulaiman Badrul Alamsyah atau jembatan II Dompak kembali dibuka dan mulai difungsikan.

Jembatan yang menghubungkan Km 8 kota Tanjungpinang dengan pusat pemerintahan Kepri di pulau Dompak ini, mulai bisa difungsikan setelah perbaikan dan pegujian selesai.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Provinsi Kepri Rodi Yantari, mengatakan dengan selesainya perbaikan dan pengujian, Jembatan II Dompak itu kembali dibuka dan sudah dapat dilalui kendaraan.

“Alhamdulillah, setelah selesai perbaikan dan pengujian ini, saat ini Jembatan ini sudah bisa difungsikan,”ujarnya usai melakukan pengujian Jumat (21/11/2020).

Pengujian kekuatan jembatan kata Rodi, dilakukan dengan dinaimit loading tes yang dilakukan konsultan independen jembatan dari PT.Graha Survey Indonesia yang direkomendasikan Pusjatan.

“Dari hasil pengujian di 3 titik, bentang awal, tengah dan ujung jemabatan dengan dinaimit loading tes, kekuatan Jembatan sudah layak dilewati rida 4 dengan tonase 6-8 ton,”ujarnya.

Namun demikian, pihaknya akan melakukan pengaturan dan penjagaan, pada mobil yang melewati jembatan maksimal dengan tonase 3,5 Ton.

“Untuk saat ini roda 4 dan 2 sudah bisa lewat. Tapi pembukaan resminya akan kami lakukan setelah nanti dilakukan syukuran,”ujar Rodi.

Sebelumnya, jembatan II Dompak ditutup karena mengalami kerusakan. Sejumlah tiang Jembatan keropos dan patah akibat karat air laut.

Kemudian pemerintah Provinsi kembali mengalokasikan anggaran Rp 8,7 milliar dari APBD 2020 untuk perbaikan.Perbaikan jembatan dilakukan oleh PT.Wassenar Karya Marga dari Kelimantan.

Perbaikan jembatan dilakukan dengan Dabling dan pembungkusan tiang jembatan dengan HDP untuk menghindari kerosin. Dari 164 tiang jembatan, hingga saat ini baru 68 tiang yang diperbaiki, sesuai dengan alokasi dana kontrak. Sementara sisanya 97 tiang, perbaikanya akan kembali dilakukan secara bertahap melalui anggaran APBD.

Penulis:Redaksi 

Comments
Loading...