Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tambah 4 Kasus, Nakes dan Napi Lapas di Bintan Positif Covid-19

Foto alat uji cepat Rapid Test Covid-19.

PRESMEDIA.ID,Bintan- Kasus Positif Covid-19 Bintan kembali bertambah 4 kasus. Mereka adalah dari kalangan warga, tenaga kesehatan (nakes) dan warga binaan atau Lapas Batu 18.

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan dr Gama AF Isnaeni, mengatakan, dalam 2 hari ada penambahan 4 kasus. Diantaranya 1 orang ditetapkan positif covid-19 pada Rabu (18/11/2020) dan 3 orang ditetapkan pada Kamis (19/11/2020).

“Satu pasien berasal dari Kecamatan Toapaya dan 3 lainnya dari Kecamatan Bintan Timur (Bintim),”ujar Jumat (20/11/2020).

Penambahan itu lanjutnya, dimulai dari pasien kasus ke 275 yaitu Ny.Aa (20) asal Kampung Lome RT 007/RW 003, Desa Toapaya Utara, Kecamatan Toapaya.

Pasien ini tidak mengalami gejala sakit apapun, Namun dikarenakan berkontak erat dengan pasien kasus ke 235 sehingga diambil swab dan hasil PCR-nya dinyatakan positif covid-19.

“Aa ini dinyatakan positif pada dua hari lalu. Kini dia menjalani isolasi secara mandiri,”jelasnya.

Kemudian pasien kasus ke 276 Ny.Za (52) asal Kampung Sidodadi Tengah, Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur.

Dia tidak ada berkontak erat dengan pasien kasus sebelumnya namun mengalami sakit dengan gejala demam, batuk, nyeri tenggorokan, nyeri perut, dan sesak napas. Pengambilan swab dilakukan di RSUD Bintan Kijang dan hasil PCR-nya dinyatakan positif.

Kemudian pasien kasus 277 Ny.Urj (26) warga Kampung Jawa RT 001/RW 002, Kelurahan Seilekop Kecamatan Bintan Timur. Pasien ini mengalami sakit dengan gejala sakit kepala dan nyeri otot akibat berkontak erat dengan seorang dokter yang ditetapkan sebagai pasien kasus ke 240. Lalu dilakukan swab di Puskesmas Mantang dan hasil PCR-nya positif.

Selanjutnya pasien kasus ke 278 Tn.Rmd (36) seorang warga binaan alias napi dari Lapas Batu 18 Bintan Blok Hasanudin. Napi ini kontak erat dengan pasien sebelumnya yang merupakan Pegawai Lapas. Setelah diambil swabnya di Puskesmas Seilekop hasil PCR-nya dinyatakan dia positif corona.

“Dari 4 pasien ini, Hanya pasien kasus ke 276 aja yang dirujuk serta melakukan isolasi terpadu di RSAL Dr Midiyato Suratani Tanjungpinang. Sedangkan pasien kasus ke 277 dan 278 melakukan isolasi mandiri,”ucapnya.

Dengan penambahan 4 pasie ini, maka jumlah pasien yang terkonfirmasi positif covid-19 di Kabupaten Bintan mencapai 278 orang. Dari jumlah itu, 226 pasien yang dinyatakan sembuh dan 6 pasien meninggal dunia, sedangkan 46 pasien lainya menjalani perawatan di RS dan isolasi untuk penyembuhan.

Penulis:Hasura

Comments
Loading...