Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

KPU Tanjungpinang Gelar Simulasi Pemilu Ditengah Pandemi COVID-19

KPU Tanjungpinang, menggelar Simulasi pemungutan Suara (Pilkada) Gubernur Kepri ditengah Pandemi COVID-19.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tanjungpinang menggelar simulasi pemungutan suara Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, dengan mengedepankan Protokol Kesehatan di Terminal Sungai Carang Tanjungpinang, Sabtu (21/11/2020).

Divisi Teknis Penyelenggara Kegiatan KPU, Susanty megatakan ada banyak hal yang pihaknya lakukan, untuk menyukseskan Pilkada Serentak ditengah wabah Covid-19, yang akan dilakukan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pada Pilkada serentak tahun ini harus menerapkan protokol kesehatan (Prokes) pada saat pemungutan suara nantinya.

“Simulasi ini dilakukan di TPS 20 Kelurahan Air Raja Kecamatan Tanjungpinang Timur,” kata Susanti.

Ia menjelaskan Daftar Pemilih Tetap (DPT) di setiap TPS yang ada di Tanjungpinang paling banyak hanya 500 pemilih. Hal ini sangat berbeda dengan tahun Pilkada sebelumnya maksimal 800 pemilik untuk setiap TPS.

Dalam penerapan prokes di TPS harus menggunakan masker dan cuci tangan, kemudian masyarakat juga akan di beri sarung tangan sekali pakai.

“Yang kemudian pemilik diberi surat suara oleh petugas untuk di coblos di bilik suara,” jelasnya.

Sementara itu paku penjoblosan yang digunakan oleh peserta pemilih akan dilakukan penyemprotan disinfektan. Kata dia setelah itu pemilih memasukkan surat kekotak suara dan akan diberikan tinta tetes.

“Untuk tinta pemilih berbeda ditahun ini, yang biasa di celup ini di teteskan di jari, dan petugas arahkan pemilih untuk cuci tangan,”pungkasnya.

Penulis:Roland

Comments
Loading...