Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Kab Lingga

Mendagri Beri Mesin ATM Dukcapil ke Kab-Lingga

DPRD Lingga
Pjs.Gubernur Kepri Bahtiar saat menyerahkan ATM Dukcapil dari Mendagri ke

PRESMEDIA.ID,Lingga- Menteri Dalam negeri (Mendagri) memberi bantuan Mesin Anjungan Tunai Mandiri (ATM) Dukcapil atau Anjungan Dukcapil Mandiri (ADM) ke kabupaten Lingga.

Pemberian ATM-ADM itu, dilakukan Pjs.Gubernur Kepri Bahtiar Baharudin mewakili Mendagri, kepada Penjabat Sekda Lingga Syamsudi di aula kantor Bupati Lingga, Jumat (20/11/2020).

Pjs.Gubernur Kepri Bahtiar mengatakan, mesin ADM Dukcapil itu, dirancang khusus agar masyarakat bisa mencetak dokumen dengan cepat, mudah, gratis dan berstandar sama tanpa diskriminasi.

Dengan ATM-ADM dari Kementerian itu, akan mempermudah layanan pada masyarakat dalam pembuatan dan pencetakan KTP secara elektronik.

Dirjen Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri itu mengatakan ADM tersebut sebagai bentuk apresiasi dari Kemendagri, karena capaian perekaman e-KTP di Lingga sudah di atas 100 persen.

Bahkan, masyarakat di usia 16 tahun di daerah berjuluk “Bunda Tanah Melayu” itu sudah merekam e-KTP. Sehingga begitu usia mereka sudah 17 tahun, e-KTP sudah siap dicetak.

“Saya juga mendorong masyarakat usia 15 tahun direkam semua. Jadi tiba masanya dicetak, tinggal cetak saja,” ujarnya.

Lingga menjadi daerah pertama di Kepri yang mendapatkan bantuan ADM Kemendagri berkat kerja keras Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) setempat.

Bahtiar berharap Lingga menjadi daerah percontohan bagi kabupaten/kota lainnya di Indonesia, khususnya Kepri.

“Kalau daerah lain ingin mendapatkan bantuan ATM dukcapil seperti Lingga. Maka, harus proaktif mendorong warga merekam e-KTP,” katanya.

Penulis:Aulia

Comments
Loading...