Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Bandingkan, Ini Gagasan dan Strategi 3 Cagub Kepri Tangani Pandemi Covid-19 dan Pulihkan Ekonomi di Kepri

Tiga pasangan calon Gubernur dan wakil Gubernur Pilkada Kepri saat melakukan Debat Publik di Batam.

PRESMEDIA.ID,Batam- Tiga calon gubernur dan wakil gubernur Kepri, Soerya-Iman, Isdianto-Suryani dan Ansar-Marlin, menyampaikan gagasan dan strategi yang akan dilakukan, dalam penanganan Covid-19 dan memulihan ekonomi Kepri yang saat ini terpuruk jika terpilih sebagai Gubernur Provinsi Kepri.

Gagasan dan strategi itu, dikatakan masing-masing Paslon menjawab pertanyaan Panelis, pada sesi ke 4 Debat Publik Pilkada Kepri yang diselenggarakan KPU di Batam, Jumat (20/11/2020).

Berikut Program dan strategi masing-masing calon dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi Kepri yang terpuruk akibat Panemi Covid-19.

1.Kebijakan Soerya-Iman Tangani Pandemi Covid-19 Kepri

Pasangan calon nomor Urut 1 Soerya Respationo-Iman Sutiawan mengatakan, kebijakan dan strategi yang akan dilakukan dalam penanganan Pandemi Covid-19 di Kepri yang saat ini terus meningkat, akan dilakukan dengan cara, memberi kesadaran dan menumbuhkan kebersamaan terhadap pencegahan agar positif Covid-19 di Kepri tidak semakin bertambah.

“Harus semuanya punya satu kesadaran, bahwa pandemi Covid-19 ini bukan hanya tanggung jawab pemerintah semat. Tetapi, merupakan tangung jawab semua pihak,”ujarnya Soerya.

Soerya juga mengatakan, kalau hanya himbuan-himbuan saja tidak akan cukup tanpa kesadaran dari seluruh elemen masyarakat dalam menjalankan Protokoler kesehtan (Prokes) dalam mencegah penbularan Covid-19.

Kesadaran Prokes yang ditetapkan Pemerintah sebutnya, harus dan mesti disosialisasikan kepada seluruh masyarakat sampai tingkat terendah termasuk kepada RT san RW.

“Dan akan lebih ideal lagi, daerah memiliki Perda yang mengatur Protokol Kesehatan dan penanganan Covid-19 dan daerahnya,”ujarnya.

Sementara itu wakil Soerya, Iman Sutiawan menambahkan, selain melibatakan semua stockholder, juga menekanakan perlunya peningkatan sarana dan fasilitas kesehatan di Rumah sakit dan sejumlah tempat umum lainya.

2.Kebijakan Isdianto-Suryani Pulihkan Ekonomi Kepri 

Pasangan calon nomor urut 2 Isdianto-Suryani, mengatakan untuk memulihkan ekonomi, tingkat kunjungan wisatawan di Kepri yang terpuruk akibat pandemi Covid-19 sangat perlu dipulihkan.

Oleh karena itu, Isdianto menyatakan, sangat mendukung pemberlakukan new normal yang dilakukan pemerintah pusat dalam menarik wisatawan mancanegara berkunjung ke Provinsi Kepri.

“Kedua, kita harus meningkatakan tempat destinasi-destinasi Wisata baru di Kepri, hingga wisatawan lebih tertarik lagi datang dan berkunjung ke Provinsi Kepri,”ujarnya.

Dengan meningkatakan kembali kunjungan Wsiman ke kepri, sebut Incamben ini, ekonomi provinsi Kepri akan kembali tumbuh, dan dengan tubuhnya ekonomi akan dapat membantu masyarakat yang terdampak Covid-19 ini secara langsung di Kepri.

Sementara itu, calon wakil gubernur Isdianto, Suryani menambahakan, Kalau pandemi Covid-19 ini sudah terdampak langsung pada sektor pariwisata Kepri.

“Oleh karenanya kedepan, kami akan melakukan Destinasi parewisata sehat melalui kerjasama dengan stockholder terkait. Penerapan Diskon-diskon dari pelaku perhoten pada wisatawan yang berkunjung ke Kepri, serta sebagaimana yang disampaikan pak Gub harus ada upaya-upaya Destinasi baru wisata Kepri,”ujarnya.

Kedepan juga harus dibuat wisata-wisata yang melibatakan masyarakat secara langsung dan kemudian wisata lokal yang bukan investasi asing.

3.Kebijkan Ansar Ahmad-Marlin Agustina Pulihkan Ekonomi Kepri

Sementra itu, pasangan calon nomor Urut 2 Ansar Ahmad-Marlin Agustina mengatakan strategi yang akan dilakukan untuk memulihkan Ekonomi Kepri yang terpuruk pada masa Pandemi Covid-19 saat ini, akan dilakukan dengan cara, menjamin industeri manufaktur dan pegolhan yang masih eksis.

Selanjutnya, mencari langkah stimulan dalam mengembangkan dan mendatangkan investasi di Kepri dengan memebrikan kemudahan pajak untuk berinvestasi.

Selain itu, Ansar juga mengatakan, akan memanfaatkan fluktuasi ekonomi global, seperti buruknya hubungan dagang antara Amerika dan Cina saat ini, yang dapat dimanfaatkan mengundang investor yang akan menarik investasinya di Cina berimvestasi di Kepri.

“Selain itu, kita juga perlu memberi jaminan hukum yang baik pada investor, mendorong pengembangan ekonomi dan manufaktur ke program ekonomi kreatif. Kalau hal ini dilakukan, kami yakin akan dapat mempercepat recovery perbaikan ekonomi Kepri yang saat ini terpuruk,”sebutnya.

Ansar mengatakan, langkah selanjutnya yang dilakukan adalah mempercepat 3 kawasan BBK-KEK Kepri menjadi KEK menyeluruh, hingga tidak ada keraguan dan perlakuaan yang berbeda pada investor yang menanamkan modalnya di Kepri.

Penulis:Redaksi 

Comments
Loading...