Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Pemprov Kepri Anggarkan Rp 35 Miliar Dukung Program Vaksin COVID-19 Tahun Depan

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah.

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) mengalokasikan anggaran sekitar Rp35 miliar untuk mendukung pelaksanaan program vaksinasi COVID-19 dari Pemerintah Pusat.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah, mengatakan walaupun vaksin yang diperoleh Kepri tanpa biaya, karena bantuan dari pemerintah pusat. Namun, alokasi anggaran yang disiapkan melalui APBD Kepri 2021 itu digunakan sebagai operasionalnya saja.

“Pemprov hanya menganggarkan untuk kegiatan operasional saja, misalnya biaya penanganan distribusi vaksin ke semua daerah di Kepri,” katanya di Tanjungpinang, Selasa (1/12/2020).

Ia mengaku, saat ini Pemprov Kepri melalui Dinas Kesehatan sudah mulai mensosialisasikan pelaksanaan vaksin COVID-19 kepada masyarakat. Meski, belum ada jadwal resmi yang dikeluarkan pemerintah pusat, namun melalui rapat terbatas diperkirakan distribusinya dilakukan mulai akhir Januari 2021 mendatang.

“Kalau dari rapat terbatas soal pengadaan vaksin bersama Pemerintah Pusat. Diperkirakan akhir Januari 2021, vaksin covid-19 ini sudah mulai didistribusikan,” tutur Arif.

Untuk persoalan distribusi, lanjut Arif, saat ini pihaknya tengah membahas dengan pihak terkait. Mengingat, wilayah Kepri dominannya perairan, maka hal tersebut masih menjadi bahan pertanyaan Pemerintah Daerah.

“Apalagi untuk pulau terluar seperti Natuna dan Anambas, rentang kendalinya sangat jauh. Apakah nanti menyertakan TNI-Polri untuk pendistribusiannya, itu yang masih kita pikirkan bahkan sudah disampaikan ke pusat,” ujar Ketua Harian Gugus Tugas COVID-19 Kepri

Untuk diketahui, Provinsi Kepri memperoleh kuota sebanyak 1,47 juta vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat. Program pemberian vaksin tersebut direncanakan Februari 2021 mendatang.

Sesuai dengan jumlah vaksin yang tersedia tersebut, maka bisa dipastikan vaksin COVID-19 hanya diberikan kepada 67 persen penduduk Kepri.

Berdasarkan surat dari Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes Nomor SR.02.06/II/0950/2020 tertanggal 19 Oktober ke seluruh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi tentang pemberitahuan rencana pelaksanaan pemberian imunisasi COVID-19.

Disebutkan bahwa, imunisasi COVID-19 itu akan diberikan kepada kelompok rentan usai 18-59 tahun. Terdiri dari tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, dan petugas pada fasilitas tenaga kesehatan.

Kemudian, petugas pada pelayanan publik, seperti anggota TNI/Polri, petugas bandara dan pelabuhan. Selanjutnya, petugas pemadam kebakaran, petugas PLN dan petugas PDAM.

Penulis : Ismail

Comments
Loading...