Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Bhayangkara 74

Edarkan Upal, Dua Sepupu Diamankan Poksek Tanjungpinang Barat

Kapolsek Tanjungpinang Barat Iptu.Firudin dan Kanit Reskrim Polsek Tanjungpinang Barat.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Polsek Tanjungpinang Barat membekuk dua orang pemuda berinisial Az (20) dan Ag (27) yang diduga sebagai pengedar uang palsu (Upal) di jalan Agus Salim kota Tanjungpinang, Sabtu(31/8/2019) pukul 01.00 WIB.

Kapolsek Tanjungpinang Barat, Iptu Firuddin mengatakan, penangkapan ke dua tersangka dilakukan atas laporan masyarakat, atas seorang laki-laki yang berbelanja diduga menggunakan upal pecahan Rp 50 ribu di warung milik warga di jalan Agus Salim, Tanjungpinang.

“Atas laporan itu, kami langsung ke TKP dan mengamankan Az. Saat digeledah ditemukan di saku celananya 5 lembar pecah uang Rp 50 ribu,”ungkap Firuddin didampingi Kanit Reskrim, Ipda Onny Chandra di Mapolsek Tanjungpinang Barat, Kamis(5/9/2019).

Setelah diamankan dan dilakukan pemeriksaan, duit karta tersebut palsu. Dan dari pengakuan Az, duit tersbeut diterimanya dari pelaku Ag yang merupakan abang sepupunya sendiri.

Baca Juga

“Selanjutnya Ag diamankan di kos-kosanya di jalan Agus Salim pada saat itu juga. Dari pengakuan Ag, upal tersebut diperoleh dari seorang temanya berinisial If,”sebutnya.

If memberi uang palsu tersebut kepada Ag, untuk membayar hutang. Rencananya, upal yang diperolehnya dari If, akan digunakan Ag untuk membayar uang kos.

“Pelaku mengaku juga sudah mencurigai uang itu palsu, tapi tetap di belanjakan untuk membeli rokok dan jajan di warung itu,”ungkap Kapolsek.

Saat ini jajaran lanjut Firudin, unit Reskrim Polsek Tanjungpinang Timur masih memburu IF (DPO) warga Tanjungpianng yang diduga memberika upal.

Dan atas perbuatanya, kedua pelaku diditetapkan tersangka pengedar Upal dan diancam dengan pasal 26 ayat 2 jo pasal 36 undang – undang nomor 7 tahun 2011 Tentang Mata Uang, dengan ancaman 10 Tahun Penjara.(Presmed7)

Comments
Loading...