Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kepri Nyatakan Siap Terima Vaksin COVID-19

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Kepri M.Bisri

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang-Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau menyatakan kesiapannya dalam menerima vaksin COVID-19 dari pemerintah pusat. Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Mohammad Bisri, kepada Presmedia.ID Kamis (17/12/2020).

Bisri mengatakan, hingga kini pihaknya masih menunggu petunjuk lanjutan soal jadwal serta prosedur penerimaan vaksin tersebut dari pemerintah pusat.

Menurutnya, kuota penerimaan vaksin untuk Provinsi Kepri tidak berubah yakni sebanyak 1,4 juta vaksin. Sesuai dengan surat edaran Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kemenkes ke seluruh Dinas Kesehatan provinsi se-Indonesia.

“Rencananya pemberian vaksin COVID-19 ini dilakukan secara bertahap. Prioritas penerima vaksin yakni, tenaga kesehatan yang bertugas pada fasilitas kesehatan,” ucapnya.

Selain tenaga kesehatan, lanjut Bisri, vaksin juga diprioritaskan kepada petugas pelayanan publik, seperti anggota TNI/Polri, petugas bandara dan pelabuhan. Kemudian petugas pemadam kebakaran, ketiga kelompok rentan termasuk pelaku ekonomi dan peserta BPJS PBI.

‘’Upaya ini dilakukan salah satunya dalam rangka menekankan angka yang terinfeksi COVID-19. Vaksin ini sepenuhnya gratis,’’ kata Bisri.

Kendati demikian, imbuhnya, hingga kini pihak Dinkes Kepri belum bisa memastikan jadwal pendistribusian vaksin COVID-19 dari sinovac tersebut.

Namun, sebagai bentuk persiapan pihaknya telah mempersiapkan tempat untuk penyimpanan vaksin COVID-19, di RSUD Kota Tanjungpinang, di Bio Farma di dalam ruang pendingin (cool room).

“Kita juga sudah siapkan tempat penyimpanan, karena vaksin ini harus disimpan di tempat khusus dan tidak boleh sembarangan. Bahkan, tahun depan kami sudah alokasikan Rp35 miliar untuk mendukung program ini,” ujarnya.

Selain itu, Bisri tetap mengingatkan kepada seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan protokol kesehatan dengan cara 3M, yakni mencuci tangan menggunakan sabun dan air mengalir, memakai masker serta menjaga jarak.

“Pandemi COVID-19 masih ada, jadi kami kembali mengimbau kepada masyarakat jangan sampai kendor menerapkan protokol kesehatan dimanapun,” pungkasnya.

Penulis: Ismail

Comments
Loading...