Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

BPOM Ajak Warga Tanjungpinang, Buang Sampah Obat Ke Apotek

Sosialisasi BPOM dalam Pemberantasan obat illegal di Tanjungpinang dan Bintan.

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang- Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Tanjungpinang mengajak masyarakat untuk membuang sampah obat dan obat kedaluwarsa ke apotek. Hal itu dilakukan untuk minimalisir
penggunaan kembali sampah dan obat kadaluarsa oleh pihak lain.

Kepala BPOM Tanjungpinang, Mardiyanto mengatakan, hingga saat ini masih marak terjadi dan terus ditemukan kasus penyalah gunaan obat kadaluarsa dan sampah obat,untuk kepentingan yang dapat merugikan masyarakat.

“Oleh karena itu, kami meminta pada masyarakat untuk membuang dan mengembalikan sampah obat dan obat yang sudah tidak dikonsumsi, serta yang kedaluwarsa ke apotek,”ujarnya dalam sosialisasi dan aksi
Nasional Pemberantasan Obat Ilegal dan Penyelahgunaan Obat kepada 65 apoteker di Tanjungpinang dan Bintan di Hotel CK,Jumat(6/9/2019).

Saat ini lanjut Mardiyanto, BPOM membuat gerakan, “Ayo Buang Sampah Obat,” dengan tujuan, agar obat kadaluarsa dan sampah obat tidak dapat dimanfaatkan oleh orang-orang yang tidak bertanggungjawab, dan menjadikan obat ilegal kembali.

“Karena jika ini terjadi, dan di konsumsi akan dapat membahayakan kesehatan masyarakat,”sebutnya.

Dalam mensukseskan gerakan “Ayo Membuang Sampah obat” kata Mardiyanto, BPOM akan memberi dan menyediakan Box tempat sampah disetiap apotek dibarengi Stiker dan spanduk sosialisasi.

“Setiap berkala nanti BPOM bersama apotek akan melakukan pemusnahan dalam satu kali dalam 1 bulan,”sebutnya.

Ditempat yang sama, Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Rahma mengatakan saat ini sangat banyak obat ilegal yang beredar, pemanfaatan obat rusak atau yang sudah kedaluarsa, pelabelan ulang atau perpanjangan kedaluarsa, oleh pihak yang tidak bertanggungjawab digunakan untuk kebutuhan tertentu.

“Kegiatan ini bentuk refleksirefleksi sinergitas BPOM dengan pemko Tanjungpinang dalam rangka menjaga lingkungan dari limbah obat berbahaya dah beracun,”ucapnya.

Maka dari itu untuk mensukseskan kegiatan ini sangat diperlukan semua kalangan. Supaya tidak menimbulkan dampak buruk terhadap masyarakat dan lingkungan.

Comments
Loading...