Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Alokasikan Anggaran Rp.6,6 M, Jembatan II Dompak Oktober Mulai Diperbaiki

Tiang penyangga jembatan II Dompak yang rusak dan Keropos

PRESMEDIA.ID,Tanjungpinang-Pemerintah provinsi Kepri memastikan, Jembatan II Dompak, Oktober 2019 akan mulai diperbaiki. Perbaikan ditandai dengan pengalokasian anggaran Rp 6,6 milliar di Perobahan APBD Kepri 2019 sebagai mana yabg sudah di sahkan.

Kepala Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Kepri, Hendrija mengatakan dengan alokasi perbaikan jembatan II Dompak yang sudah teralokasi di APBD Perubahan 2019 itu, pengerjaan akan dimulai Oktober dengan masa pengerjaan selama 3 bulan.

“Dengan pengerjaan selama 3 bulan, kami perkirakan awal Januari 2020 Jembatan II Dompak sudah bisa digunakan kembali,”ujarnya pada wartawan di Tanjungpinang, Jumat (6/9/2019).

Dari Rp.6,6 miliar alokasi anggaran perbaikan jembatan, lanjut Hendrija, akan digunakan untuk memperbaiki tiang jembatan yang rusak dan berpengaruh pada kekuatan jembatan. Ia menerangkan, dari hasil kajian tim Pusat Jalan dan Jembatan (Pusjatan) Kemen PUPR beberapa waktu lalu dari 234 tiang jembatan ada sebanyak 51 yang kropos. Sementara yang putus ada sekitar 4 unit tiang.

Untuk itu, Pemprov Kepri harus mengambil tindakan memperbaiki mengingat Jembatan II Dompak merupakan akses jalan penting yang biasa digunakan masyarakat.

“Semua tiang memang harus diperbaiki, Namun perlakuan berbeda tergantung tingkat kerusakan sesuai dengan alokasi yang dianggarkan,” katanya.

Dikatakannya, untuk memperbaiki jembatan tersebut seperti kondisi semula, dibutuhkan anggaran sebesar Rp.18 miliar. Dan saat ini baru bisa dianggarkan pada APBD Perubahan Rp 6,6 miliar. Sisanya, akan dialokasikan kembali pada APBD murni 2020 mendatang.

“Anggaran Rp 18 miliar itu belum termasuk biaya tambahan seperti proteksi jembatan dan lainnya. Itu hanya mengembalikan kekuatannya 100 persen seperti semula,” ungkap
Hendrija.

Ia menambahkan, dengan kejadian ini hendaknya menjadi pengalaman bagi pemerintah atas penting dan perlunya perawatan jembatan dilakukan. Terlebih lagi, masih banyak jembatan-jembatan di Kabupaten-Kota yang menjadi tanggungjawab pemerintah provinsi Kepri untuk biaya perawatannya.

Oleh karena itu, kedepan Bina Marga PUPR katanya akan mengusulkan anggaran penuntasan pekerjaan jembatan se-Kepri, terutama jembatan yang menjadi tanggungjawab provinsi.

“Untuk jangka menengah ini yang paling diutamakan adalah jembatan I dan III Dompak perawatanya harus segera dilakukan,”sebutnya.(Presmed5)

Comments
Loading...