Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pemprov Kepri Distribusikan Vaksin COVID-19 ke Kabupaten/Kota

Sekdaprov Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah didampingi Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak secara resmi melepas kendaraan yang membawa ribuan dosis vaksin produsen Sinovac ke daerah-daerah. (Foto:Ismail/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau hari ini Rabu (13/1/2021), mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 ke kabupaten/kota dalam dua termin (sub tahapan).

Untuk termin pertama, Tiga kabupaten/kota meliputi Kota Tanjungpinang, Batam, dan Kabupaten Bintan menerima vaksin corona, produksi Sinovac China tersebut.

“Sedangkan termin kedua, vaksin akan didistribusikan pada bulan Februari mendatang ke Kabupaten Karimun, Natuna Aanambas dan Kabupaten Lingga,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah, saat melepas secara resmi kendaraan yang membawa vaksin produsen Sinovac, Rabu (13/1/2021).

Arif menambahkan, pendistribusian vaksin ke daerah-daerah ini diutamakan pada kabupaten/kota yang satu daratan atau bisa ditempuh menggunakan transportasi darat. Hal tersebut guna menjaga suhu vaksin asal negeri tirai bambu tersebut, tetap dingin di dalam kendaraan pengangkutnya.

Selain itu, juga saat ini Kepri masih menghadapi bencana kesehatan. Artinya, ancaman COVID-19 sangat nyata di depan mata, tidak hanya memaparkannya kepada manusia, namun juga telah merenggut nyawa warga.

”Untuk Kepri saja, tercatat sudah 7.499 kasus terkonfirmasi COVID-19, 6.668 kasus sembuh, dan 186 korban meninggal dunia. Tak hanya berdampak pada kesehatan, ancaman corona juga bahkan memengaruhi perekonomian kita selama setahun ke belakang ini,” Arif dengan nada lirih.

Tingkat kerawanan tersebut, imbuh Arif, semakin meningkat seiring dengan kurangnya kesadaran masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan. Maka dari itu, dengan hadirnya vaksin ini diharapkan dapat menekan tingkat penyebaran COVID-19.

“Walau pun begitu, penerapan prokes juga tetap harus diterapkan, karena sangat berpengaruh pada penyebaran corona,” imbaunya.

Untuk diketahui, total vaksin COVID-19 yang didistribusikan ke kabupaten/kota pada tahap pertama ini sebanyak 19.690 dosis. Terdiri dari, Kota Tanjungpinang sebanyak 5.880, Bintan 2.680 dosis, dan Batam 11.120 dosis.

Vaksin COVID-19 ini, diperuntukkan kepada sekitar 12 ribu tenaga kesehatan (nakes) se-Kepri. Hal ini, sesuai dengan aturannya setiap nakes yang akan divaksin sebanyak 2 kali dengan rentang waktu 2 minggu.

Penulis: Ismail
Editor  : Ogawa

Comments
Loading...