Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Kab Lingga

Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Lingga Siap Terima Vaksin Covid-19

*Tertuang dari hasil gelar rapat koordinasi kesiapan penjemputan vaksin.

DPRD Lingga
Tim satgas Covid-19 Kabupaten Lingga gelar rapat koordinasi kesiapan penjemputan Vaksin.

PRESMEDIA.ID, Lingga– Tim Satgas penanganan Covid-19 Kabupaten Lingga, menyatakan siap menerima kedatangan ribuan dosis vaksin Covid-19 di Kabupaten Lingga. Upaya itu, mulai dari penjemputan hingga ke ruang penyimpanan pendingin (coolstorage).

Hal itu, termaktub dalam hasil Rapat Koordinasi (Rakor) Tim Gugus Penanganan Co id-19 Kabupaten Lingga, belum lama ini. Rapat yang dilaksanakan di ruangan Dinas Kesehatan kabupaten Lingga pada Senin,(11/01/2021) itu, juga dihadiri Plt. Bupati Lingga, M. Nizar dan jajarannya.

“Nanti vaksin tersebut akan dibawa dengan pengamanan oleh TNI-Polri dan Satpol-PP ke tempat penyimpanan vaksin. Yang sudah disiapkan, yang kita sebut Kucen. Di situ bisa menyimpan sebanyak 2000 dosis,” kata Kepala Dians Kesehatan Lingga, Mulkan Azima kepada PRESMEDIA.ID sesaat usai rakor.

Mulkan menambahkan, untuk droping awal vaksin, Kabupaten Lingga akan mendapatkan setengah dari jumlah data yang telah disampaikan sebelumnya, berdasarkan webinar kemarin bahwa Kepulauan Riau, kabupaten/kota, akan didroping sementara ini sebesar 50% dari jumlah kuota vaksin untuk Kabupaten Lingga.

“Dari hasil pertemuan ini, kami juga akan menyampaikan ke pihak provinsi untuk meminta kepastian jadwal pengantaran vaksin tersebut. Sehingga nantinya kita tahu jadwal pastinhya, dan berkoordinasi dengan Tim Gugus Covid-19 Kabupaten Lingga terkait penyambutan dan pengamanan dari vaksin tersebut,” ujarnya.

Di tempat terpisah Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah, mengungkapkan, Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau pada Rabu (13/1/2021), mulai mendistribusikan vaksin COVID-19 ke kabupaten/kota dalam dua termin (sub tahapan).

Untuk termin pertama, ada tiga daerah yang akan segera menerima vaksin corona produksi Sinovac China tersebut. Yakni, Kota Tanjungpinang, Batam, dan Kabupaten Bintan.

”Sedangkan termin kedua vaksin akan didistribusikan pada bulan Februari mendatang ke Kabupaten Karimun, Natuna Anambas dan Kabupaten Lingga,” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah, saat melepas secara resmi kendaraan yang membawa vaksin produsen Sinovac, Rabu (13/1/2021).

Arif menambahkan, pendistribusian vaksin ke daerah-daerah ini diutamakan pada kabupaten/kota yang satu daratan atau bisa ditempuh menggunakan transportasi darat. Hal tersebut guna menjaga suhu vaksin asal negeri tirai bambu tersebut, tetap dingin di dalam kendaraan pengangkutnya.

Penulis : Aulia
Editor : Ogawaishiki

Comments
Loading...