Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Kab Lingga

Air Laut Pasang, Satu Unit Rumah Warga di Dabo Rusak Parah

DPRD Lingga
Kondisi pondasi rumah sejumlah warga di Sekop Laut, Dabosingkep yang retak dan hancur akibat terkikis gelombang tinggi air laut. (F_Obet_Presmedia.Id)

PRESMEDIA.ID, Lingga – Cuaca ekstrem disertai gelombang air laut tinggi, juga masih mengancam sejumlah wilayah di Kabupaten Lingga. Terkini, Rabu (13/1/1/2021) satu unit rumah warga di Jalan Perusahaan RT/RW 005/004, Sekop Laut, Dabosingkep, Kabupaten Lingga dilaporkan rusak parah.

”Gelombang air laut kuat. Dapur dan WC rumah saya rubuh. Pondasi dapur rumah saya terkikis ombak air laut,” keluh Khairul Ali salah satu korban bencana yang juga pemilik rumah yang rusak akibat ganasnya gelombang air laut, kepada PRESMEDIA.ID, Rabu (13/1/2021).

Ia menambahkan, setakat ini warga nelayan pun tidak ada yang menjalankan aktivitasnya turun ke laut. Karena tidak berani mengambil resiko. Hal ini dilakukan sekitar sepekan sebelumnya.

”Nelayan pun tak berani lagi melaut,” ujarnya seraya meminta perhatian pemerintah daerah setempat, mengingat aktivitas dan mata pencaharian nelayan saat ini terhenti total.

Lebih jauh Khairul menjelaskan akar permasalahan, sebagian pondasi rumahnya terkikis habis oleh gelombang air laut. Di antaranya, karena adanya pembangunan tanggul penahan gelombang atau Dam yang dibangun setengah-setengah.

”Penahan gelombang tersebut diputus sampai di situ saja. Itulah jadinya, kalau air laut pasang disertai gelombang tinggi. Imbasnya rumah saya ini yang jadi sasaran,” keluh Khairul.

Penulis : Aulia
Editor : Ogawaishiki

Comments
Loading...