Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Tinjau Lokasi Banjir, Apri Gesa Penanganan Sementara Infrastruktur

Bupati Bintan Apri Sujadi saat peninjauan sejumlah wilayah terdampak bencana bersama Satker Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWS) IV serta Dinas PUPR Provinsi Kepri. (F_Hasura_Presmedia.Id)

PRESMEDIA.ID, Bintan – Bupati Bintan, Apri Sujadi mengungkapkan, pihaknya menggesa penanganan sementara perbaikan infrastruktur yang rusak akibat bencana yang terjadi di Bintan baru-baru ini.

Hal itu dikemukakan Apri Sujadi saat peninjauan sejumlah wilayah terdampak bencana, bersama Satker Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWS) IV serta Dinas PUPR Provinsi Kepri.

Peninjauan pertama dilakukan Apri Sujadi bersama tim dilakukan Rabu (13/1/2021) pada sejumlah drainase di Kelurahan Kijang Kota, Kecamatan Bintan Timur dan Tanjunguban, Kecamatan Bintan Utara.

“Banjir paling parah kemarin terjadi di Kampung Kuala Lumpur dan Kampung Pisang, Kijang Kota. Disana airnya setinggi 1,5 meter atau sedada orang dewasa sehingga perlu penanganan khusus,” ujar Apri, kemarin.

Saat peninjauan, Apri yang juga didampingi oleh Dinas PUPR Bintan dan BPBD Bintan, menjelaskan bila agenda ini bertujuan untuk melihat secara langsung guna pemetaan, penanganan sementara pascabencana banjir dan aliran drainase yang telah merendam sejumlah infrastruktur jalan serta rumah warga.

Dari hasil peninjauan tersebut, telah disepakati bersama akan melakukan penanganan sementara dalam waktu dekat. Langkah ini diharapkan bisa dimanfaatkan bagi kelancaran akses transportasi masyarakat.

Seperti jembatan runtuh, yang menghubungkan Jalan Tirta Madu-Gesek akan dibuatkan alat penyeberangan sementara, sambil menunggu proses permanen. Karena untuk bangunan permanen tentunya harus ada kebijakan anggaran.

“Kami juga bahas terkait infrastruktur yang penanganannya merupakan kewenangan pemerintah pusat maupun kewenangan provinsi. Masing-masing berkomitmen untuk melakukan pemulihan infrastruktur secepatnya baik sementara maupun permanen,” tangganya.

Pria yang kembali terpilih sebagai Bupati Bintan Priode 2021-2024 ini meminta, agar agar Dinas PUPR Bintan dan Satker BWS IV dapat segera menuntaskan perencanaan pembangunan pintu air di Kecamatan Bintan Timur dan Kecamatan Bintan Utara.

Setelah perencanaan itu selesai, diharapkan bisa segera diusulkan melalui Alokasi APBN. Dengan begitu bisa cepat juga terealisasi sehingga bencana banjir tidak terulang kembali.

“Semoga perencanaan pembangunan pintu air bersama Satker BWS IV bisa cepat selesai dan diusulkan ke APBN. Sehingga bisa secepatnya juga ditangani pembangunan pintu air di dua kawasan tersebut,” demikian Apri.

Penulis : Hasura
Editor : Ogawaishiki

Comments
Loading...