Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

BPJS Kesehatan Pastikan Aplikasi P-Care Vaksinasi Berjalan Lancar

Vaksin Covid-19. (F_Illustrasi)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Dalam rangka persiapan program Vaksinasi Covid-19, BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang juga merasa bertanggungjawab dan memastikan, bila Aplikasi P-Care Vaksinasi mampu berjalan lancar sesuai harapan.

“Jadi, penggunaan Aplikasi P-Care akan dioptimalkan untuk mendukung pemberian vaksin Covid-19 ini,” kata Kepala BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Agung Utama Muchlis, saat Rapat Rencana Tindak Lanjut Percepatan Pendataan Fasilitas Kesehatan dan Jadual Pelayanan Vaksinasi Covid-19, di Ruang Rapat BPJS Kesehatan Cabang Tanjungpinang, Jumat (15/1/2021).

Untuk itu, imbuhnya, diminta seluruh Kepala Kantor Kabupaten BPJS Kesehatan di wilayah kerjanya untuk memastikan tidak ada kendala bagi fasilitas kesehatan. Khususnya saat login Aplikasi P-Care Vaksin.

”Tujuan dari kegiatan rapat ini, juga untuk memastikan seluruh petugas BPJS Kesehatan, mampu memahami fungsi dari Aplikasi P-Care Vaksinasi yang diluncurkan oleh BPJS Kesehatan,” terangnya.

Lebih jauh Agung menambahkan, BPJS Kesehatan bertanggungjawab dalam koridor Aplikasi P-Care Vaksinasi tersebut. Sebab itu, pihaknya meminta kepada seluruh kepala kantor kabupaten/kota BPJS Kesehatan di wilayah kerjanya serta pejabat kepala bidang Penjaminan Manfaat Primer dan Rujukan.

Semua pihak, lanjutnya, harus mulai bisa memastikan tidak ada kendala bagi fasilitas kesehatan, terutama saat login Aplikasi P-Care Vaksin sebelum pelayanan vaksin Covid-19.

”Pastikan lokasi pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 terjangkau oleh daya listrik dan Jaringan Komputer dan Komunikasi Data (Jamkordat),” tegas Agung.

Agung juga menyampaikan, BPJS Kesehatan bersama fasilitas kesehatan telah mempersiapkan SDM dan sarana prasarana yang dibutuhkan dalam pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di wilayah kerja BPJS Kesehatan KC Tanjungpinang ini.

“Untuk alur pelayanan Vaksinasi Covid-19 terbagi menjadi 4 (empat) meja pelayanan,” tanggapnya.

Dikatakannya, meja pertama adalah meja pendaftaran peserta yang telah mendapatkan pesan singkat (SMS) dari Komite Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPC-PEN).

Kemudian, peserta ke meja kedua untuk dilakukan screening oleh petugas dan pemeriksaan fisik yang hasilnya akan di-input di Aplikasi P-Care.

Hasil screening ini menentukan pemberian vaksin diperbolehkan atau tidak, jika diperbolehkan langsung menuju ke meja ketiga untuk dilakukan pemberian vaksin Covid-19, dan yang terakhir meja keempat petugas mencatat hasil pelayanan vaksin ke dalam aplikasi dan di-observasi.

Agung berharap, seluruh petugas dapat memahami Aplikasi P-Care dan bekerja secara optimal agar pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 dapat berjalan dengan lancar.

Penulis : Roland
Editor : Ogawa

Comments
Loading...