Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Kepri Kembali Terima 4.280 Vial Vaksin Covid-19 Dari Pusat

Petugas Bandara saat melakukan pembongkaran Vaksin Covid-19. (Foto:Internet) 

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Sebanyak 4.280 vial vaksin COVID-19 kembali tiba di Bandara Raja Haji Fisabilillah (RHF) Tanjungpinang, Jumat (22/1/2021).

Rencananya, vaksin produsen Sinovac yang baru tiba ini, dialokasikan sebagai tambahan untuk vaksinasi tenaga kesehatan (nakes) di Kepri. Demikian dikatakan, Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadilllah,menjawab PRESMEDIA.ID, Jumat (22/1/2021).

Ia menjelaskan, vaksin tersebut selanjutnya akan didistribusikan ke daerah-daerah yang belum menerima. Seperti, Kabupaten Karimun, Natuna, Anambas, dan Lingga.

Menurut Arif, saat ini tiga daerah seperti Kota Batam, Tanjungpinang, dan Karimun sedang melaksanakan vaksinasi kepada para nakes. Ditargetkan, pertengahan Februari nanti vaksinasi untuk nakes sudah rampung 100 persen.

“Jika sudah clear untuk nakes, maka vaksinasi dilanjutkan para petugas publik, termasuk TNI dan Polri,” katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Kepri, Mohammad Bisri, mengatakan dengan adanya tambahan tersebut maka total vaksin COVID-19 untuk nakes sebanyak 29.280 vial (dari sebelumnya 25 ribu vial).

Dijelaskannya, berdasarkan data dari Dinkes saat ini total nakes yang siap menerima vaksin se-Kepri sekitar 12 ribu orang. Jumah tersebut terus bertambah, seiring dengan terusnya pendataan. “Data saat ini sudah 12 ribu lebih, tapi masih bisa bertambah,” demikian Bisri.

Untuk diketahui, sebelumnya Pemprov Kepri sudah mendistribusikan vaksin COVID-19 ke kabupaten/kota sebanyak 19.690 dosis. Terdiri dari, Kota Tanjungpinang sebanyak 5.880, Bintan 2.680 dosis, dan Batam 11.120 dosis.

Vaksin Covid-19 ini diperuntukkan kepada sekitar 12 ribu nakes se Kepri. Hal ini, sesuai dengan aturannya setiap nakes akan divaksinasi sebanyak 2 kali dengan rentang waktu 2 minggu.

Penulis : Ismail
Editor : Ogawa

Comments
Loading...