Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran

Pemprov Kepri Usulkan 1.797 Lowongan Guru P3K dan Tenaga Pendidikan ke Pusat

Pelamar kerja saat mendaftar pada penerimaan honorer di Kabupaten Bintan beberapa waktu silam. (Foto: Dok/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang – Pemerintah Provinsi Kepulauan Riau mengusulkan 1.797 lowongan tenaga Pendidik Pegawai dengan Perjanjian Kerja (P3K) pada Pemerintah Pusat.

Tanaga pendidik yang dimaksud tersebut, meliputi, tenaga guru dan tata usaha pendidikan tingkat SMA/SMK/sederajat se-Kepri.

“Usulan kuota tersebut berdasarkan jumlah kebutuhan tenaga pendidik untuk SMA/SMK/sederajat se-Kepri. Hal ini sudah kami usulkan ke BKD (Badan Kepegawaian Daerah, red), informasinya sedang proses,” kata Kepala Seksi SMK Dinas Pendidikan (Disdik) Kepri, Said Muhammad Idris, kepada PRESMEDIA.ID, Sabtu (23/1/2021).

Idris menambahkan, saat ini tenaga kependidikan yang berada di bawah naungan Pemprov Kepri didominasi oleh Pegawai Tenaga Kependidikan (PTK) non ASN. Maka untuk pengadaan tenaga P3K tesebut, saat ini tengah menunggu rekomendasi dari pemeritah pusat mengenaai kuota yang diberikan ke Kepri.

Selain itu, pihaknya juga masih menunggu petunjuk teknis (juknis) mengenai kepastian lowongan P3K yang dibuka. Nanti diperuntukkan para tenaga honorer yang sudah mengabdi atau dibuka untuk umum.

Sebab, jika hanya diperuntukkan kepada tenaga honorer yang sudah ada saat ini dan tengah mengabdi, akan membantu para PTK non ASN yang sudah bekerja bertahun-tahun.

“Setidaknya harapan tenaga kependidikan kita yang sudah mengabdi bertahun-tahun di tempat terpencil untuk jadi P3K agak baik dengan adanya ini,” ujarnya.

Menurut Said, total PTK non ASN di lingkungan Pemprov Kepri sebanyak 2.877 orang. Jumlah tersebut terbagi dua yakni, tenaga guru 1.913 dan tenaga Tata Usaha (TU) sebanyak 967 orang. Jika dibandingkan jumlah usulan P3K untuk Kepri belum menutupi jumlah PTK non ASN saat ini.

Sementara itu, Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Kepulauan Riau, TS Arif Fadillah, menjelaskan untuk persoalan anggaran Pemprov Kepri masih mampu untuk mengalokasikan tunjangan kepada P3K. Sebab, jika P3K diterima nanti, gajinya akan ditanggung oleh pemerintah pusat, sedangkan daerah hanya menyediakan tunjangannya saja.

“Dilihat dari angka yang kita anggarkan sekarang untuk tunjangan P3K itu tidak jauh beda. Mungkin hanya tinggal nambah sedikit saja,” demikian Arif.

Penulis :Ismail
Editor  :Ogawa

Comments
Loading...