Presmedia.id
Pengabdi Kebenaran
Banner Pemko

Kebakaran di Tanjungpinang Hanguskan 3 Kapal Kerugian Rp800 juta

*Tiga Kapal dan Gudang Teng Ci Siang Ludes Terbakar

Petugas dari Dinas Pemadam Kebakaran bersama aparat Kepolisian dan warga setempat berjibaku memadamkan api yang memberangus benkel serta kapal milik Teng Ci Siang di Kampung Bugis. (Foto:Roland/Presmedia.id)

PRESMEDIA.ID, Tanjungpinang- Tiga unit kapal dan satu Gudang Jaring milik Teng Ci Siang ludes dilalap sijago merah di Plantar Kampung Bugis Kecamatan Tanjungpinang Kota, sekira pukul 22.00 WiB, Jumaat(22/1/2021).

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian material ditaksir mencapai lebih dari Rp800 juta rupiah.

Kepala Dinas Pemadam Kebakaran Dan Penyelamatan (DPKP) Kota Tanjungpinang, Hantoni mengungkapkan pihaknya mendapatkan informasi dari seorang warga bahwa telah terjadi kebakaran di galangan kapal di Plantar Kampung Bugis.

“Dugaan sementara terjadi arus pendek listrik di kapal,” ungkap Hantoni sembari menegaskan, pada saat api menjalar begitu cepat, terjadi ledakan keras di bengkel kapal. Sumber ledakan itu berasal dari mana masih diselidiki oleh pihak kepolisian.

Ia menyampaikan api dapat dipadamkan dengan menggunakan mesin floting pump 2 unit dan 1 mesin portable. Dengan dbantu mobilisasi oleh pompong milik penambang sekitar serta dari Polair Polres Tanjungpinang.

“Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 23.50 WIB, atau sekitar kurang lebih dua jam,” jelasnya.

Teng Ci Siang Alami Kerugian Rp 800 juta

Gudang perbaikan jaring terbakar milik Teng Ci Siang (59) di Kampung Bugis yang ludes terbakar mengalami kerugian lebih kurang Rp800 juta.

Hal itu dikatakan Kapolsek Khusus Kawasan Pelabuhan (KKP) Sri Bintan Pura (SBP) Polres Tanjungpinang, Kompol Anjar Yogota Widodo mengatakan berdasarkan informasi yang didapat dari masyarakat bahwa telah terjadi kebakaran.

Ia mengungkapkan kronologis kejadian berawal pada saat seorang nelayan bernama Neddy sedang menyuluh udang diseputaran Gudang Jaring. Kemudian saksi melihat di lantai bawah bagian tempat servis jaring muncul api dan langsung membesar.

”Saat ini penyebab api berasal dari mana masih diselidiki. Saat dipadamkan namun kondisi api semakin membesar sehingga menjalar ke 3 Kapal di sana,” ungkapnya.

Anjar memaprkan 3 unit kapal yang terbakar di antaranya kapal muatan Ikan KM Sederhana 3, kapal Ikan Indo Jaya 1 dan kapal lelang dari Thailand.

“Kerugian lebih kurang Rp 800 Juta, dan tidak ada korban jiwa,” jelasnya.

Penulis : Roland
Editor    : Ogawa

Comments
Loading...